Zikir Pelunas Hutang

0

Zikir Pelunas Hutang

  • أللهم فَارِجَ الْهَمِّ كاَشِفَ الْغَمِّ مُجِيْبَ دَعْوَةِ الْمُضْطَرِّيْنَ رَحْمَنِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَرَحِيْمَهُمَا أَنْتَ تَرْحَمُنِيْ فَارْحَمْنِيْ رَحْمَةً تُغْنِيْنِيْ بِهَا عَنْ رَحْمَةٍ مَنْ سِوَاكَ

Ya Allah ya Tuhanku, Yang menghilangkan kesulitan hamba-Nya, Yang menghilangkan kesedihan hamba-Nya, Yang mengabulkan doa orang-orang yang terdesak, Yang Maha Pengasih dan Pemurah di dunia dan di akherat. Engkau selalu mengasihiku, maka curahkanlah rahmat dan karunia-Mu kepadaku hinga aku tidak akan lagi membutuhkan rahmat selain rahmat dan karunia-Mu.

*Barangsiapa yang membaca doa di atas, maka akan dihindarkan dari hutang. Dan jika ia berhutang maka ia akan bisa melunasinya meskipun hutangnya sebesar gunung Uhud. (HR Al-Hakim)

 

  • ۱. قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (٢٦) تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ (٢٧)

Katakanlah: “Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau MahaKuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. dan Engkau beri rezeki pada siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)”. (QS. Ali Imran [3]: 26-27)

 

۲. رَحْمَنِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَرَحِيْمَهُمَا تُعْطِيْ مَنْ تَشَاءُ مِنْهُمَا وَتَمْنَعُ مَنْ تَشَاءُ، ارْحَمْنِيْ رَحْمَةً تُغْنِيْنِيْ بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ، أللهم أَغْنِنِيْ مِنَ الْفَقْرِ وَاقْضِى عَنِّيْ الدَّيْنَ وَتَوَفَّنِيْ فِى عِبَادِكَ وَجِهَادٍ فِى سَبِيْلِكَ

Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang di dunia dan di akherat, Engkau memberikan kebahagiaan baik di dunia maupun di akherat kepada orang yang Engkau ingin beri, dan menahan keduanya dari orang yang tidak ingin Engkau beri. Curahkanlah rahmat-Mu yang mencukupkanku dari rahmat selain dari-Mu. Ya Allah ya Tuhan-Ku, jauhkanlah aku dari kefakiran, lunasilah hutang-hutangku, wafatkanlah ketika aku beribadah kepada-Mu atau berjihad di jalan-Mu.

*Barangsiapa yang membaca ayat dan doa di atas, maka ia akan dihindarkan dari hutan yang melilit meskipun hutangnya sebesar gunung. (HR Thabrani)

 

  • بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِيْ وَمَالِيْ وَدِيْنِيْ، أللهم رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قَدَّرْتَ لِيْ حَتَّى لاَ أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلاَ تَأْخِيْرَ مَا أَجَّلْتَ

Aku menyebut nama Allah untuk diriku, hartaku, dan agamaku. Ya Allah ya Tuahnku, ridhailah aku dengan keputusan-Mu, dan berkahilah aku dengan takdir yang telah Engkau putuskan untukku, hingga aku tidak meminta agar dipercepat sesuatu yang telah Engkau akhirkan, juga tidak meminta agar diperlambat sesuatu yang telah Engkau percepat.

*Barangsiapa yang sulit mendapatkan pekerjaan atau sedang dililit hutang hendaknya membaca doa di atas setiap akan keluar rumah. (HR Ibnu Sunni).

 

  • أللهم إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Ya Allah ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, dan aku juga berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari rasa takut dan kekikiran. Dan aku berlindung kepada-Mu dari hutang dan kejahatan manusia.

*Barangsiapa yang membacanya doa di atas di waktu pagi dan petang, maka Allah akan melunasi hutang-hutangnya. (HR Abu Daud)

 

  • أللهم اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Ya Allah, cukupkanlah rezeki-Mu yang halal sebagai hartaku, dan jauhkanlah dari rezeki-Mu yang haram. Dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu agar aku tidak membutuhkan lagi karunia selain karunia-Mu.

*Barangsiapa yang membaca doa di atas, maka Allah akan memberi kemampuan kepada dirinya untuk melunasi hutang meski sebanyak isi lautan. (HR Hakim)

 

 

Share.

Leave A Reply