Waliyullah Jadzab, Habib Abu Bakar Gresik

0

Waliyullah Jadzab, Habib Abu Bakar Gresik. Allah memiliki wali-wali yang Allah sembunyikan. Profesi mereka bermacam-macam, ada yang menjadi kyai atau muballigh, ada yang menjadi pedagang, ada yang menjadi petani, dll. Namun diantara mereka ada yang sulit dikenali, tidak jelas apa pekerjaannya. Biasanya mereka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Namanya dikenal dengan sebutan Habib Bakar. Beliau merupakan putra dari Habib Abu Bakar Assegaf dari Gresik. Orangya sudah tua dan seringkali tidak memakai baju dan hanya memakai sarung belaka. Orang kalau tidak mengenali beliau maka akan menganggap sebagai orang gelandangan. Namun bagi mereka yang tahu bahwa Habib Bakar merupakan salah seorang waliyulloh Jaddab atau Majedub.

Demikian orang-orang di Gresik menjuluki pria bertelanjang dada, berjenggot putih dan berkopyah ini. Dan orang-orang yang pernah bersentuhan dengan beliau mulai merindukan kehadiran dan berusaha mencarinya. Apa keistimewaannya ?

Waliyulloh Jaddab/Majdzub yang sampai saat ini masih hidup di jawa timur dan nama nya di masturkan(tutup) memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya: Air kencingnya berbau wangi, masuk sumur langsung hilang, hanya tinggal sarungnya dan ketemu di Makam kakeknya sedang memeluk Nisa. Dan Puluhan Keanehannya lainnya.

Ia adalah cucu dari Wali Quthub Habib Abu Bakar Assegaf Gresik ini Yang sudah 15 Tahun Di dalam Kamar Tanpa Makan Dan minum sedikitpun..”Ujar Efendi ketika membagikan gambar Habib Bakar diatas pada tanggal 29 Desember 2015.

Banyak orang-orang yang pernah bertemu dengan beliau, seseorang yang pernah bertemu dengan beliau menceritakan, “Dulu aku sering ketemu di Kantor Maarif Cab. Gresik, beliau sering main layang2 ke kantor. saat itu almarhum P Anwar Rimin seneng kalo malem ngrewangi melekan”.

“alhamdulillah saya udah pernah ketemu belia sama persis dg foto tersebut acara dipolres gresik” ujar Burhan Syarif Syarif

” Ingat masa kecil ketika habib bakar msh sering mampir2 d warkop…” kata Didik Kuswantoro

“Nek mangan ngombe sih sik iyo, tp mek sak cokota titik. sing dipangan sin ga bernyawa. Dulu suka tuker sarungku dan suka klambiku. Koyok ngono wis ket jaman SD kiro2 taon 1976, nek Jum’atan ndik masjid Jami’ muter njero masjid ” pengalaman dari Moh Hamzah

” bib bakarr.. subhanallah.. da 20 tahunan.. g liat wajah bwliauu…”ujar Kang Maz

“Dulu sering mampir di terminal gub suryo&warkop”malah suka kalo habib mampir” terang Rhama

Pengalaman keistimewaan yang lain

“Subehanallah ini fakta, sy dulu supir angkot waktu itu beliau pernah ikut naik angkot sy muter muter kota gersik dan duduk didepan cuman pakek sarung tanpa baju beliau sy kasih satu bungkus rokok tdk mau hanya di ambil 3 batang 2 di tarok telinga kanan kiri 1 di hisap beliau tdk mau apa apa lagi subehanallah tanpa aku sadari penumpang begitu banyak turun naik turun naik padahal waktu itu mobil angkot lain sepi g ada penumpang tapi sy tau beliau itu waliyullah yg selalu membawa berkah rezeki smoga beliau selalu di sayngi allah…..aamiin3x” ujar Rohman Adiputra.

Menurut informasi dari Bachtiar Ryawan saat ini posisi Habib Bakar tinggal di Nganjuk sebagaimana keinginan beliau sehingga mengapa beliau saat ini jarang sekali terlihat di Gresik kecuali ada haul kakeknya Haul Habib Abu Bakar Assegaf. “Habib Bakar tetap tinggal di Nganjuk….itu sudah tugas beliau menetap disana….kalau di Gresik tetap dipegang Habib Husein ato lebih dikenal dengan sebutan Habib Potlot…..”terang Bachtiar.
Penasaran ingin bertemu

Demikianlah sekilas tentang sosok Waliyullah Jaddab Habib Bakar yang membuat penasaran orang Gresik. Semoga kita semua dapat bertemu dengan beliau, amiin.

Wallahu A’lam

 

Share.

Leave A Reply