Tentang Al-Habib Husein bin Abi Bakar Alydrus Luar Batang

0

Al-Habib Husein bin Abibakar Al-‘Idrus wafat di Bulan Rhamadhan tahun 1169. Dan dulu banyak masyarakat Betawi meminta kepada Mufti Batavia –Al-Habib Ustman bin Yahya- untuk mengadakan acara Khoul Al-Habib Husein Luar Batang di Bulan Rhamadhan, namun Al-Habib Ustman berkata kepada Masyarakat, “Jangan di Bulan puasa, kasihan yang tinggal di daerah yang jauh, sebaiknya diadakan pada saat Lebaran”.

Dahulu Al-Habib Ali ketika akan menghadiri acara Khoul Al-Habib Husein Luar Batang, beliau pasti mempercepat waktu dari biasa mengajar di Majlisnya, karena acara khoul pasti menunggu kedatangan rombongan Habib Ali Kwitang.

Kebiasaan tersebut diteruskan oleh Habib Muhammad sampai sekarang, hanya bedanya acara tidak lagi menunggu rombongan dari Kwitang, mengingat jamaah yang datang dari tempat yang jauh.

Semua Habaib Jakarta dan sekitarnya juga banyak yang datang menghadirinya. Bahkan ada beberapa habaib yang menyempatkan diri datang dari luar negeri. Banyak ulama yang apabila mereka datang ke Jakarta pasti menyempatkan untuk berziarah ke makam Luar Batang.

Mengenai kemuliaan dan maqam Al-Habib Husein Luar batang, Al-Habib Ali bin Husein Al-Athas mengatakan, “Al-Habib Husein bin Abibkar Al-Aidrus merupakan Pintu gerbangnya Kota Jakarta”.

Adapun Al-Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi Kwitang mengatakan, “Al-Habib Husein Luar Batang adalah Pakunya Tanah Betawi”.

Dan Al-Habib Sholeh bin Muchsin Al-Hamid Tanggul mengatakan, “siapa yang berziarah ke Habibana Husein pasti segala Urusannya Qabul. Habib Husein adalah Sulthannya Para Auliya”.

Wallahu A’lam

Share.

Leave A Reply