Anjuran Untuk Bersatu Dan Selalu Mengingat Nikmat Allah

0

Anjuran Untuk Bersatu Dan Selalu Mengingat Nikmat Allah. Allah berfirman,

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَى شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara. Dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. (QS. Aali Imraan: 103).

Makna umum

            Sebelum Rasulullah Saw. hijrah, di Madinah telah lama berlangsung permusuhan dan peperangan antara suku Aus dan Khazraj, kemudian agama Islam datang dan menyatukan keduanya. Dengan kemuliaaan Allah mereka bisa menjadi teman yang saling mencintai karena Allah. Akan tetapi kaum yahudi tidak merasa senang akan hal itu, mereka selalu berfikir dan berusaha untuk memecah belah persatuan kaum muslimin. Kaum yahudi hampir berhasil membuat mereka kembali bermusuhan hingga mereka telah bersiap untuk melangsungkan peperangan. Rasulullah pun segera menjumpai mereka dan menasehatinya dengan ayat ini, sehingga mereka bertaubat dan kembali bersatu seperti sedia kala.

            Sesungguhnya ayat di atas adalah peringatan bagi mereka pada khususnya, dan untuk seluruh kaum muslimin kapan dan dimana saja. Mereka semua diperintahkan oleh Allah untuk menghilangkan sifat dan sikap berbangga diri dengan kelompoknya, karena sikap ini dapat mencerai beraikan persatuan. Disamping itu, mereka dihimbau oleh Rasulullah agar berkumpul di bawah panji Al-Qur’an, karena dengan Al-Qur’an akan menyatukan dan menjaga mereka dari perpecahan dan kelemahan.

Allah Swt. telah mengingatkan mereka akan nikmatnya persatuan dan persaudaraan ini. Agama Islam telah menyatukan dan menjadikan mereka semua bersaudara dimana sebelumnya mereka saling bermusuhan dan bercerai-berai. Allah juga telah mengingatkan akan nikmat diselamatkannya mereka dari penyembahan kepada berhala dan dari siksa api neraka, dimana sebelumnya mereka hampir masuk ke dalamnya karena akan meninggal dalam keadaan kafir. Inilah nikmat terbesar yang diingatkan oeh Allah melalui kitab suci-Nya agar mereka senantiasa menjauhi sesuatu yang membahayakan dan mendekat pada sesuatu yang memberinya manfaat.

Baca Juga : Kasih Sayang Allah Atas Hamba-Hamba Nya

Pelajaran yang dapat dipetik

1. Wajib hukumnya berpegang teguh kepada kitab Allah dan menjaga persatuan dan persaudaraan sesama umat Islam di bawah naungan petunjuk-Nya, sehingga kaum muslim akan menjadi kuat dan berwibawa.

2. Setiap manusia harus selalu mengingat nikmat-nikmat Allah dan bersukur kepada-Nya dengan cara melaksanakan segala yang diperintahkan dan menajuhi segala yang dilarang.

Share.

Leave A Reply