Rasulullah Menerima Kunjungan Keluarga

0

Pada saat Rasulullah berada di rumahnya, beliau juga menyempatkan diri untuk menerima kunjungan beberapa keluarga dekat beliau. Sayidah A’isyah radliyallahu ‘anha menceritakan, “suatu hari Rasulullah SAW berbaring di rumah, saat itu kaki beliau tersingkap. Tiba-tiba Abu Bakar datang meminta izin bertemu. Nabi mengizinkannya, lalu beliau berbincang-bincang dalam posisi tubuh tetap seperti itu.

Selanjutnya Umar datang dan beliau tetap pada posisi seperti itu. Setelah itu Utsman datang, tiba-tiba Rasulullah duduk dan membenarkan pakaiannya. Utsman masuk dan ikut berbincang-bincang dengan mereka”.

Setelah mereka keluar, Sayidah A’isyah berkata kepada nabi, “wahai Rasulullah, ketika Abu Bakar masuk engkau tidak membenarkan pakaianmu. Umar masuk, engkau juga tidak bergeming. Tetapi ketika Utsman masuk, engkau duduk dan membenarkan pakaianmu?”, Rasulullah menjawab, “tidakkah aku malu kepada orang yang malaikat pun malu kepadanya?!”. (HR. Muslim).

Sayidina Abu Bakar dan Sayidina Umar rodliyallahu ‘anhuma adalah mertua Rasulullah SAW, sedangkan Sayidina Utsman adalah menantu Rasulullah SAW. Betapa indahnya menantu dan mertua berkumpul saling menyapa dengan penuh cinta.

Habib Noval bin Muhammad Alydrus, sehari bersama rasul, taman ilmu 2015

Share.

Leave A Reply