Mencari Keberkahan Dengan Ngopi Di Bulan Ramadhan

0

Mencari Keberkahan Dengan Ngopi Di Bulan Ramadhan. Tidak ada sesuatu yang dikehendaki Allah untuk diberkahi, kecuali ia akan memberikan keberkahan. Diantara tempat yang diberkahi oleh Allah adalah masjid. Dan masjid yang paling utama dalam keberkahannya adalah Masjid Al-Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al-Aqsha. Tempat yang diberkahi lainnya adalah makam-makam para nabi. Termasuk di dalamnya makam para sahabat, ulama dan orang-orang shaleh. Oleh karena itu, kita saksikan banyak kaum muslimin yang sering mengadakan acara ziarah ke makam-makam wali-wali Allah. Ini tidak lain dimaksudkan untuk mencari keberkahan.

Adapun diantara waktu-waktu yang diberkahi adalah bulan-bulan yang dimuliakan. Dan bulan yang paling dimuliakan adalah bulan yang sekarang kita berada di dalamnya, yaitu bulan Ramadhan. Oleh karena itu, marilah kita mencari keberkahan sebanyak-banyaknya. Keberkahan telah dihujankan di bumi pada bulan Ramadhan, mari kita sambut dengan banyak melakukan ibadah dan amal-amal shaleh.

Adapun diantara makanan atau minuman yang diberkahi oleh Allah adalah, madu, air zam-zam, dan kopi. Mungkin kebanyakan dari kita telah mengetahi keberkahan yang ada pada madu dan air zam-zam. Hal itu karena banyaknya hadits yang menjelaskan keutamaan-keutamaan keduanya. Madu adalah obat dari segala macam penyakit dan nabi Muhammad sangat menyukainya. Adapun air zam-zam adalah satu-satunya sumber air yang berada di dalam masjid Al-Haram, yang pertama kali ditemukan oleh Istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar ketika akan mencarikan air untuk putranya yang masih balita, nabi Isma’il.

Barangsiapa yang meminum air zam-zam, maka ia akan memperoleh keberkahan. Barang yang paling isimewa yang dibawa untuk oleh-olah para jama’ah haji ketika pulang ke negaranya masing-masing adalah air zam-zam. Para ulama mengajarkan tata agar terlebih dahulu membaca shalawat dan doa-doa sebelum meminunya. Diharapkan dengan perantara air zam-zam, Allah akan menyembuhkan penyakitnya dan mengabulkan doa-doanya.

Sedangkan kopi, banyak kaum muslimin yang belum mengetahui kebekahannya, kecuali mereka yang pernah menjadi santri di pondok pesantren. Di dalam kitab tertentu diceritakan, bahwa adalah salah seorang ulama yang bermimpi bertemu dengan Rasulullah Saw. Di dalam mimpi tersebut Rasulullah mengatakan sebuah hadits kepadanya. Diantara hadits itu adalah, ‘Barangsiapa yang meminum kopi, sementara bau kopi masih ada di mulutnya, maka Malaikat akan memintakan ampunan untuknya’. Hadits ini kemudian diceritakan kepada para murid dan sahabat-sahabatnya hingga terkenallah di seluruh penjuru negeri. Oleh karena itu, kita lihat di pondok-pondok pesantren ritual minum kopi sudah menjadi tradisi, sebab mereka mengetahui rahasia di balik kopi itu.

Mari kita membaca hikmah berikut ini,

 

[Hitam dan pait. Jangan buru-buru dibuang. Tambahkan saja gula. Semua orang akan mencarinya, lalu menikmatinya. Kopi]

 

Segala sesuatu yang diciptakan Allah di alam semesta pasti memiliki nilai manfaatnya. Ada sesuatu yang manfaatnya ditampakkan oleh Allah, dan ada sesuatu yang tidak ditampakkan manfaatnya. Manfaat-manfaat yang ditampakkan oleh Allah dari sesuatu tidak lebih banyak dari manfaat-manfaat yang tidak ditampakkan. Di dalam Al-Qur’an Allah telah berfirman, bahwa kalian tidak diberitahu tentang suatu ilmu kecuali hanya sedikit. Oleh karena itu dapat dikatakan, bahwa apa-apa yang tidak diketahui oleh manusia lebih banyak dari ilmu yang diketahuinya.

Sesungguhya ilmu yang telah diajarkan oleh Allah kepada manusia meskipun hanya sedikit, tetapi manfaat yang diberikannya cukup untuk menjalankan kehidupan dengan baik. Dengan akal dan ilmu yang dipelajarinya, seseorang akan memperoleh petunjuk-petunjuk sehingga ia bisa menghindari hal-hal yang membahayakannya. Orang yang mengetahui bahwa minuman keras akan merusak akal, tentu akan menghindarinya. Orang yang mengetahui bahwa di dalam daging babi ada cacing yang tidak bisa mati meski telah dimasak dengan suhu yang sangat panas, tentu manusia tidak akan memakannya. Dst. Orang yang mencari tahu lalu mengetahui banyak hal, akan lebih bisa menjaga hidupnya dari segala sesuatu yang mengandung bahaya.

Disamping itu, orang yang diberi ilmu oleh Allah Swt. juga akan mengetahui apa manfaat yang terkandung di dalam suatu makanan, sehingga ia akan memilih mana makanan dan minuman yang menyehatkan tubuhnya, lalu ia akan menyantapnya. Madu adalah salah satu cairan yang dihasilkan oleh lebah yang manfaatnya telah dijelaskan oleh Rasulullah Saw. di dalam haditsnya. Sehingga orang yang telah membaca haditsnya tentu akan meminumnya. Susu adalah cairan putih yang dihasilkan oleh sapi, kembing, atau binatang halal lainnya, yang di dalamnya mengandung zat-zat yang baik bagi pertumbuhan badan. Oleh karena itu, orang yang mengetahuinya akan rutin untuk meminumnya. Buah-buahan adalah jenis makanan yang dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan yang banyak mengandung vitamin yang bermacam-macam. Oleh karenanya banyak orang rajin untuk mengkonsumsinya.

Disamping itu, kita juga menemukan banyak manfaat yang terkandung di dalam biji-bijian. Dan termasuk di dalamnya adalah biji kopi. Sejak diketahui manfaatnya, kopi banyak dikonsumsi oleh manusia. Diantara manfaat yang terkandung di alam kopi adalah, kopi dapat mencegah kantuk. Seseorang yang akan mengerjakan suatu tugas dan harus lembur malam akan sangat membutuhkan kopi. Disamping itu, kopi juga akan mempertajam fokus, sehingga kopi banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang mempelajari ilmu-ilmu yang sulit. Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang akan diserap oleh tubuh jika kita rajin mengkonsumsinya.

Mungkin kebanyakan orang sudah mengetahui manfaat-manfaat kopi untuk badan. Akan tetapi sangat sedikit orang yang mengetahui, bahwa kopi merupapakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Di dalam aroma kopi ada berkah yang membuat para Malaikat akan membacakan istighfar untuk orang yang meminumnya. Keberkahan hanya milik Allah, dan Ia berkehendak untuk meletakkan keberkahan itu dimana saja. Dan salah satu minuman yang mendapatkan keberkahan dari Allah adalah kopi.

Dikisahkan, suatu ketika As-Sayyid Ahmad bin Ali Bahr Al-Qadimi berjumpa dengan Rasulullah Saw. dalam keadaan terjaga. Ia berkata kepadanya, ‘Wahai Rasulullah, aku ingin mendengar hadits darimu tanpa perantara. Rasulullah Saw. kemudian bersabda, ‘Aku akan memberimu tiga hadits;

  1. Barangsiapa yag duduk bersama wali Allah yang hidup atau yang sudah wafat, maka pahalanya sama dengan ia beribadah kepada Allah di seluruh penjuru bumi.
  2. Barangsiapa yang menyimpan tasbih untuk digunakan berzikir, maka Allah akan mencatatnya sebagai orang yang banyak berzikir, baik ia gunakan tasbihnya itu atau tidak.
  3. Selama bau biji kopi masih tercium aromanya di mulut seseorang, maka selama itu pula Malaikat akan beristighfar untukmu.

 

Oleh karena keberkahan yang ada di dalam kopi, sebagaimana yang diinformasikan oleh Rasulullah Saw. hendaknya kita rajin untuk mengkonsumsinya, apabila kita tidak memiliki penyakit yang apabila kita meminum kopi akan semakin memperparah penyakitnya.

 

Allah berfirman,

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

Dan Kami turunkan dari langit, air yang banyak manfaatnya. Lalu Kami tumbuhkan dengan air itu, pohon-pohon dan biji-biji tanaman. (QS. As-Shaaffat [37]: 9)

 

Allah berfirman,

لِنُخْرِجَ بِهِ حَبًّا وَنَبَاتًا

Supaya Kami tumbuhkan dengan air itu, biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan. (An-Naba’ [78]: 15)

 

Allah berfirman,

وَاللَّهُ أَنْبَتَكُمْ مِنَ الأرْضِ نَبَاتًا

Dan Allah menumbuhkan untuk kamu dari tanah, dengan sebaik-baik tumbuhan. (QS. Nuh [71]: 17)

 

Wallahu A’lam

Share.

Leave A Reply