Mbah Soleh, Penghuni Sembilan Makam

0

Mbah Soleh, Penghuni Sembilan Makam. Apabila anda sedang berada di kota Surabaya, maka sempatkanlah untuk mampir sejenak di Masjid Ampel untuk mendoakan orang-orang sholeh yang dimakamkan di sekitar masjid itu. Semoga anda mendapatkan limpahan berkah dan dijauhkan dari bahya dan keburukan.

Masjid Ampel tak asing lagi bagi warga muslim Indonesia, khususnya Surabaya. Masjid peninggalan Sunan Ampel itu menjadi salah satu pusat penyebaran Islam kala itu. Karena sudah dibangun pada zaman Sunan Ampel, tak heran jika masjid ini diposisikan sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia.

Banyak cerita unik yang melekat pada masjid ini. Selain cerita Mbah Bolong yang bisa melihat Kakbah hanya dengan melubangi pengimaman masjid tersebut, ada juga kisah Mbah Sholeh, tukang sapu masjid yang meninggal 9 kali. 9 makam yang terletak di samping Masjid Ampel pun kesemuanya merupakan makam Mbah Sholeh.

Dikisahkan bahwa selain sebagai santri Sunan Ampel yang taat dan setia, Mbah Sholeh merupakan santri yang rajin sebagaimana tertulis di buku “Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual”. Sifat rajinnya itu ditunjukkan dengan tak pernah melewatkan harinya untuk membersihkan masjid. Bahkan bisa dikatakan dia adalah tukang sapu atau tukang bersihnya masjid.

Mbah Sholeh memang sangat terkenal sebagai sosok yang biasa menjaga kebersihan. Hal itu banyak diakui teman sesama santri dan juga Sunan Ampel, gurunya sendiri.

Hingga suatu hari ajal datang menjemput Mbah Sholeh. Jasadnya kemudian dimakamkan di samping masjid. Sepeninggal Mbah Sholeh, Sunan Ampel tak juga menemukan sosok pengganti yang bisa serajin Mbah Sholeh. Masjid jadi kurang terurus dan kotor. Saat itulah Sunan Ampel tiba-tiba ingat dengan Mbah Sholeh dan bergumam dalam hari. “Kalau Mbah Sholeh masih ada, masjid pasti bersih,” gumam Sunan Ampel.

Seketika itu tiba-tiba sosok serupa Mbah Sholeh muncul dan menjalankan rutinitas yang biasa dilakukan Mbah Sholeh, yakni membersihkan masjid. Tapi tak lama sosok itu meninggal lagi dan dimakamkan di samping makam Mbah Sholeh sebelumnya.

Peristiwa tersebut terulang hingga sembilan kali. Menurut cerita, Mbah Sholeh baru benar-benar meninggal setelah Sunan Ampel wafat. Setiap meninggal, Mbah Sholeh selalu dimakamkan di samping makam yang sebelumnya. Karena meninggal hingga 9 kali, maka makamnya yang ada di samping Masjid Ampel pun ada 9.

Wallahu A’lam

 

Share.

Leave A Reply