Mata Kyai Kholil Bangkalan Menembus Ka’bah

0

Allah memberikan mukjizat kepada para nabi-Nya, maka Allah juga memberikan karamah kepada para wali-Nya. Para nabi itu ma’shuum (terlindungi dari perbuatan maksiat), sedangkan para wali mahfuudz (terjaga dari perbuatan maksiat). Jika nabi mendapatkan wahyu, maka wali mendapatkan ilham begitu juga dengan cerita Kyai Kholil Bangkalan berikut ini.

Apabila kita mendengar sesuatu perkataan wali Allah tentang suatu hal, maka hendaknya kita meyakininya sebagai suatu kebenaran, karena pada hakikatnya perkataannya berasal dari Allah SWT.

Dikisahkan, bahwa pada suatu hari Kyai Kholil Bangkalan yang ditemani oleh menantunya -Kyai Muntaha- mengawasi pembangunan masjid milik Kyai Muntaha yang baru dikerjakan. Pada saat Kyai Kholil Bangkalan mengamati arah masjid, tiba-tiba beliau berkata kepada Kyai Muntaha, “masjid ini tidak lurus menghadap ke Ka’bah, kamu harus meluruskannya”.

Kyai Muntaha yang terkenal alim tidak langsung menerimanya. Bahkan setelah diteliti kembali dengan landasan ilmunya, ia tetap menyimpulkan bahwa arah masjid itu sudah benar. Ia pun membantah saran dari mertuanya.

Ketika Kyai Muntaha benar-benar tidak percaya dengan apa yang dikatakan Kyai Kholil, beliau mengajak Kyai Muntaha menuju pengimaman. Beliau mengambil ranting kecil lalu membuat lubang kecil di dinding pengimaman itu, “lihatlah”, perintah Kyai Kholil, Kyai Muntaha menurut. Setelah lubang itu dilihat oleh Kyai Muntaha ternyata yang tampak adalah Ka’bah, benar-benar Ka’bah yang terletak di dalam Masjidil Haram di Mekah.

Kyai Muntaha terheran-heran, bagaimana mungkin Ka’bah bisa terlihat jelas dari tempat ini, kemudian ia cocokkan arahnya dan benar apa yang dikatakan mertuanya, bahwa arah ini tidak sesuai dan harus dibetulkan.[]Kyai Kholil Bangkalan Kyai Kholil Bangkalan Kyai Kholil Bangkalan Kyai Kholil Bangkalan

Berbagai sumber

Baca Juga : Kyai Kholil Saat Muda

Kyai Kholil Menyulap Kepiting

Kyai Kholil Menyembuhkan Orang Yang Terkena Lumpuh

Kyai Kholil Berteriak, ‘Macannya Datang, Macannya Datang!!’

Kyai Kholil Menolong Penumpang Kapal Yang Tertinggal

Nama Kyai Kholil Menyelamatkan Calon Santri-Santrinya

Pintu Penjara Tidak Bisa Dikunci Karena Ada Kyai Kholil

Share.

Leave A Reply