Masuklah Ke Dalam Surga Dunia Sebelum Engkau Masuk Ke Dalam Surga Akhirat

0

Allah Subhanahu wa ta’ala adalah Tuhan yang Maha Baik. Kebaikan-Nya kepada hamba-hamba-Nya tak terbilang jumlahnya. Bahkan ada kebaikan yang akan menanti orang-orang yang baik di akhirat kelak, yaitu surga dengan segala kenikmatannya. Tidak ada kenikmatan di dunia yang menyamai kenikmatan di surga. Oleh karena itu orang-orang yang berakal akan senantiasa mencari kenikmatan surga meski seringkali harus mengorbankan kenikmatan-kenikmatan dunia.

Orang-orang yang baik yang beriman kepada Allah dan Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wasallam, sebelum masuk ke dalam surga akhirat mereka telah merasakan surga dunia. Apakah itu surga dunia?, surga dunia adalah hati yang diliputi oleh perasaan damai, aman, dan tentram. Ketika mereka berusaha mentaati segala perinta Allah dengan segenap kemampuannya Allah akan memberikan hadiah yang segera. Allah adalah Tuhan Yang Maha Baik yan tidak mungkin menangguhkan balasan atas kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan hamba-Nya sekarang.

Allah akan menjatuhkan cahaya di dalam hatinya, sehingga kegelapan yang membuat hatinya gelisah akan lenyap. Allah akan memasukkan ilmu ke dalam hati yang bodoh, sehingga ilmunya akan melapangkan cara pandangnya yang sebelumnya sempit. Allah akan menyisipkan di dalam hatinya hikmah yang akan menangkap pelajaran-pelajaran dari setiap kejadian yang menimpa dirinya atau orang lain, sehingga ia tidak lagi merasa susah dan bersedih atas segala ketetapan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Hati-hati yanng yang berusaha mendekati Allah akan merasakan rasa enak yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Rasa nikmat di dalam shalat-shalat malam, doa-doa yang penuh kekhusu’an, dan munajat-munajat yang diiringi dengan tetesan air mata tidak bisa ditandingi oleh nikmat apapun. Nikmat bersama dengan Allah telah melupakan nikmat bersama dengan urusan-urusan dunia. Tidak ada yang bisa menggambarkan bagaimana kenikmatan luar biasa yang dirasakan oleh-oleh orang-orang shaleh ketika mereka beribadah.

Mereka telah benar-benar merasakan surga dunia. Mereka tidak lagi menghiraukan pendapat kebanyakan orang tentang surga dunia, bahwa surga dunia adalah istri yang cantik jelita, harta yang melimpah, rumah istana yang megah, bermacam-macam makanan dan minuman, mobil berharga milyaran rupiah, kekuasaan yang tanpa batas, dan pelayan yang selalu mendampinginya. Semua itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan surga dunia yang telah mereka peroleh. Apalah artinya dunia, seindah dan seenak apapun ia tetaplah dunia yang kenikmatannya jauh dibawah kenikmatan surga.

Baca Juga : Keutamaan Sujud (Kisah Seorang Yang Dimasukan Allah Kedalam Surga)

Para ulama mengatakan bahwa surga dunia itu dinamakan dengan jannatul ma’aarif (surga kemakrifatan). Orang-orang yang telah mencapai makrifat kepada Allah SWT akan mendapatkan air cinta tuhan yang sulit mereka ungkapkan bagaimana rasanya, hingga membuatnya semakin ingin terus meminumnya. Mereka tidak puas dengan satu gelas air cinta, ia akan terus merasakan haus dan haus. Ia selalu butuh pada kebaikan dan ketaatan. Hobinya adalah shalat malam, berdzikir, sedekah, tawadhu’, rendah hati, sabar, syukur, tawakal, cinta kepada Allah dan Rasulullah, mencintai seseorang karena Allah, ridha atas segala ketetapan Allah, selalu berbaik sangka kepada orang lain, dll.

Semoga kita termasuk orang-orang yang masuk ke dalam surga dunia sebelum masuk ke dalam surga akhirat. Amiin Ya Rabbal Aaalamiin.

Baca juga semua tentang :

Share.

Leave A Reply