Makna Kalimat Tauhid laa Ilaaha Illa Allah

0

Makna Kalimat Tauhid laa Ilaaha Illa Allah adalah tidak ada sesembahan kecuali Allah. Segala sesuatu yang disembah selain Allah adalah batil. Kalimat tauhid bermakna meniadakan hak untuk disembah bagi siapapun kecuali Allah SWT.

Dialah satu-satunya Allah yang berhak disembah, karena Ia adalah satu-satunya pencipta, satu-satunya dalang, dan sutradara yang sebenarnya.

Sementara orang-orang atheis meniadakan hak disembah bagi siapapun bahkan kepada Allah SWT. Mereka mengatakan laa ilaa ha (tidak ada tuhan). Sedangkan orang-orang musyrik memberikan hak disembah bagi Allah dan bagi makhluk-makhluk selain-Nya.

Mereka mengatakan laa ilaa ha illa allah wal ashnam wan nujuum walmasih (tiada tuhan kecuali Allah, patung, bintang, al-masih, dan lain sebagainya).

Seorang muslim yang mengesakan Allah adalah orang yang mendapatkan hidayah dan petunjuk. Ia meniadakan hak disembah bagi semua makhluk. Ia meyakini bahwa segala sesuatu selain Allah itu diciptakan, karena Allah adalah satu-satunya pencipta.

Dialah Allah yang berhak disembah dan yang berhak mendapatkan hak atas segala macam dan bentuk ibadah dzohir maupun batin.

Sesungguhnya hakekat ibadah adalah engkau tidak beriman kecuali hanya kepada Allah. Engkau tidak bersandar kecuali hanya kepada Allah. Engkau tidak memohon pertolongan kecuali hanya kepada Allah.

Engkau tidak memiliki tujuan kecuali hanya kepada Allah. Engkau tidak memiliki keinginan apapun kecuali keinginan untuk bertemu dengan Allah. Engkau tidak melihat kecuali hanya melihat Allah.

Mari kita meminta pertolongan kepada Allah agar Ia memberikan anugerah pemahaman kepada kita mengenai hakekat tauhid yang sebenarnya. Wallahu ta’ala a’la wa a’lam.

Syekh Ali Jum’ah, Al-Bayan

 

Share.

Leave A Reply