Lafadz Takbir (Allahu Akbar) Dalam Konflik Antar Kelompok Islam

0

Lafadz Takbir (Allahu Akbar) Dalam Konflik Antar Kelompok Islam. Salah satu lafadz dzikir yang seringkali dibaca setelah selesai shalat adalah lafadz takbir (Allahu Akbar). Apabila kita istiqomah mengamalkannya maka hati kita yang tadinya keras akan menjadi lembut. Begitu pula dengan bacaan-bacaan dzikir yang lain.

Namun seringkali kita saksikan di televisi, ketika dua kelompok sedang bertikai, dengan suara keras mereka meneriakkan lafadz takbir ketika akan mengarahkan senjatanya ke arah lawan. Tentang hal ini kita akan membaca penjelasan Al-Habib Umar bin Hafidz.

Beliau berkata: “Ketika saling berperang seorang muslim dengan muslim lainnya, kelompok yang satu berkata “Allahu Akbar”, kelompok yang lain(lawannya) juga menyeru “Allahu Akbar” Tetapi tidak satupun dari mereka yang hakikatnya bertakbir kepada Allah.

kalau mereka bertakbir karena Allah, maka akan tertahan tangan mereka dari berperang, baik kelompok yg satu demikian juga kelompok yg lain(lawannya). Hakekatnya mereka tidak bertakbir karena Allah.

Mereka bertakbir untuk akal mereka, mereka bertakbir untuk pendapat mereka, mereka bertakbir untuk duniawi mereka, mereka bertakbir untuk tujuan kelompok mereka.

kalau mereka bertakbir untuk Allah , kedua kelompok itu tidak akan saling berperang. Akan tetapi beginilah fitnah. fitnah yang menimpa umat ini.”

Wallahu A’lam

Share.

Leave A Reply