Khutbah Jum’at Memberikan Manfaat Untuk Orang Lain

0

Setelah mukadimah, sholawat dan pesan taqwa Khutbah Jum’at Memberikan Manfaat Untuk Orang Lain.

Jamaah Jum’ah yang dirahmati Allah..

Suatu hari Abu Hurairah r.a beri’tikaf di masjid nabawi, saat itu ada seseorang duduk bersedih di pojok masjid, kemudian Abu hurairah menghampirinya dan setelah mengetahui masalah yang menimpa orang tersebut Abu Hurairah langsung menawarkan bantuan kepadanya..

Abu Hurairah r.a : mari keluar bersamaku wahai saudaraku, aku akan memenuhi keperluanmu

Saudaranya : Apakah engkau akan meninggalkan i’tikaf demi menolongku

Abu Hurairah r.a : Ya. sesungguhnya aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda :

” Sesungguhnya berjalannya seseorang diantara kamu untuk memenuhi kebutuhan saudaranya, lebih baik baginya dari pada i’tikaf dimasjidku ini selama satu bulan (H.R Thabrani)

 

Jamaah sholat jum’ah yang di rahmati Allah..

Tujuan hidup seorang muslim adalah beribadah kepada Allah dengan melaksanakan sepenuh hati apapun yang diperintahNya dan meninggalkan apapun yang dilarangnya. setelah itu misi seorang muslim selanjutnya adalah memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain seperti kisah Abu Hurairah r.a diatas.

Rasulullah SAW Bersabda :

خير الناس أنفعهم للناس

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.

Sidang Jumu’ah yang dirahmati Allah..

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memberikan manfaat kepada orang lain. jika kita memiliki kelapangan harta, maka kita bisa menginfakkannya untuk membantu saudara kita yang membutuhkannya. Allah SWT berfirman :

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (Qs. Ali Imron : 92)

Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan mengenai ayat diatas :

Anas bin Malik menerangkan : Abu Thalhah adalah orang anshar kaya yang paling banyak kebun kurma dimadinah. Dia sangat mencintai kebunnya yang berhadapan dengan masjid.

Rasulullah juga suka masuk kedalam kebunnya untuk meminum air segar dari mata airnya. tatkala turun ayat ini Abu Thalhah berkata : Wahai Rasul, Allah telah menegaskan bahwa tidak akan mendapatkan kebaikan kecuali menginfakkan apa yang dicintai. harta yang sangat saya cintai adalah kebun ini.. maka dengan ini saya sedekahkan karena Allah.

Saya mengharapkan kebaikan disisi Allah. Gunakanlah wahai rasul sesuai kehendakmu. Rasulullah SAW – Bersabda :

Bakh (Kata-kata kagum) ini adalah harta yang sangat baik yang sangat bernilai. Saya telah mendengar apa yang kamu ucapkan. Saya berpendapat alangkah baiknya engkau berikan kekerabatmu.

Abu Thalhah mengatakan : Aku akan lakukan wahaii Rasul. Kemudian Abu Thalhah membagikannya ke kaum kerabatnya dan anak pamannya (H.R Bukhari & Muslim)

 

Jamaah Sholat Jumu’ah yang dirahmati Allah..

kita juga bisa memberikan manfaat kepada orang lain dengan ilmu yang kita miliki

بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً

“Sampaikanlah olehmu sekalian dariku meski hanya satu ayat (al Qur’an).” (H.R Bukhari)

Memberikan senyuman dan mengucapkan juga termasauk salah satu bentuk memberikan manfaat kepada saudara kita dan dengan itu (memberikan manfaat kepada saudaranya) menjadikan kita manusia terbaik, seperti sabda Rasul di atas.

Semoga kita semua diridhoi Allah dan menjadi pribadi yang banyak memberikan manfaat untuk sesama. Aamiin

  وَالْعَصْرِ إِنَّ    الْإِنسٰنَ    لَفِى    خُسْرٍ  إِلَّا    الَّذِينَ    ءَامَنُوا۟    وَعَمِلُوا۟    الصّٰلِحٰتِ    وَتَوَاصَوْا۟    بِالْحَقِّ    وَتَوَاصَوْا۟    بِالصَّبْرِ

 

Khutbah Jum’at Ke-2 : Memberikan Manfaat Untuk Orang Lain

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ 

اللَّهُمَّ صَلِّ وسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ وسَلّمْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ خُلَفَائِهِ الرَّاشِدِيْنَ، وَعَنْ أَزْوَاجِهِ أُمَّهَاتِ المُؤْمِنِيْنَ، وَعَنْ سَائِرِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ، وَعَنْ المُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

….اللهم اعز الإسلام والمسلمين وأذل الشرك والمشركين

عِبَادَ اللهِ :إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Oleh : Nasrudiyanto –  Jum’at 22 Juli 2016 di salatiga.

Share.

Leave A Reply