Khutbah Jum’at 4 Hal Yang Perlu Kita Teladani Dari Nabi Ibrahim

0

Khutbah Jum’at 4 Hal Yang Perlu Kita Teladani Dari Nabi Ibrahim. Saudaraku jamaah jumah yang dirahmati Allah, Marilah kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah. Sesungguhnya ketaqwaan adalah kunci kebahagiaan didunia dan diakhirat.

Sidang jum’ah yang di rahmati Allah,

Insya Allah besok kita sudah memasuki bulan dzulhijjah, dimana umat islam diseluruh dunia akan melaksanakan kewajiban rukun islam yang ke lima yaitu menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.

Kita ketahui bersama, bahwa pertama kali Allah memerintahkan nabi Ibrahim untuk menyeru umat manusia datang berbondong – bondong ke Baitullah untuk melaksanakan ibadah haji. Allah berfirman :

وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh. (Qs.AlHajj 27)

Syaikh as-Sa`di berkata,”Ibrahim adalah sebaik-baik para nabi setelah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang telah Allah jadikan kenabian pada anak keturunanya. Nabi Ibrahim adalah Khalilur Rahman (Kekasih Allah).  Dengan meneladani Nabi Ibrahim, semoga kita semua selalu diberi taufik serta hidayah untuk menjalankan semua perintahNya. aamiin

Jamaah Jum’ah yang dirahmati Allah.

Allah Berfirman :

إِنَّ إِبْرَاهِيمَ كَانَ أُمَّةً قَانِتًا لِلَّهِ حَنِيفًا وَلَمْ يَكُ مِنَ الْمُشْرِكِينَ · شَاكِرًا لِأَنْعُمِهِ اجْتَبَاهُ وَهَدَاهُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan). yang mensyukuri nikmat-nikmat Allah. Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada jalan yang lurus. (Qs. AnNahl 120-121)

Dalam tafsir ibnu katsir dijelaskan, kata Ummah dalam ayat ini berarti imam yang dapat dijadikan panutan.

jika diterapkan dalam keluarga, minimal sang ayah bisa menjadi panutan untuk istri dan anak-anaknya. sang ayah bisa memberikan contoh untuk senantiasa melaksanakan sholat tepat waktu, membaca quran setiap hari, mengerjakan sholat tahajjud, sholat dhuha ataupun berbagai kebaikan lainnya seperti berkata jujur, disiplin, dan lain sebgainya..

Sedangkan kata Al Qanit pada ayat diatas dalam tafsir ibnu katsir berarti taat kepada Allah dan Rasulnya.

Nabi Ibrahim selalu mengutamakan perintah Allah dari pada istri dan anaknya. Beliau meninggalkan istrinya siti hajar dan ismail anaknya ditanah yang gersang tanpa memberi bekal apapun. Nabi ibrahim lebih yakin kepada janji Allah dari pada fakta yang ada saat itu yaitu meniggalkan anak dan istrinya di padang pasir yang tandus.  ini membuktikan bahwa rasa cinta kepada Allah melebihi rasa cintanya kepada istri dan anaknya. semoga kita semua dikaruniai rasa cinta yang mendalam kepada Allah seperti yang telah nabi Ibrahim tauladankan kepada kita semua.

Dan Al Hanif dalam ibnu katsir berarti menyimpang dari kemusyrikan dan menempuh jalan tauhid.

Nabi Ibrahim tidak pernah menyekutukan Allah dengan apapun. beliau dengan sangat yakin mendakwahkan tauhid (Laa illa ha Illallah). itupun yang harus kita teladani saat ini, yaitu tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu hal apapun. hanya kepada Allah kita menyembah dan hanya kepada Allah kita semua memohon pertolongan bukan kepada yang lain.

dan yang terakhir Nabi ibrahim selalu mensyukuri nikmat nikmat Allah. begitu juga dengan kita, marilah kita mensyukuri apapun semua yang telah Allah berikan kepada kita. Alhamdulillah Allah berikan kita semua nikmatnya sehat, sedang ada ditempat lain orang yang sedang menderita sakit, Alhamdulillah Allah memberikan kita tempat tinggal yang teduh, sedang ditempat lain ada yang tidak punya tempat tinggal. Alhamdulillah Allah memberikan kendaraan, sedangkan ada di tempat lain orang yang tidak punya kendaraan.

Semoga dengan meneladani Nabi Ibrahim menjadi asbab kita semua mendapatkan ridho Allah SWT. aamiin.

Oleh : Nasrudiyanto –  Masjid At Taqwa – Salatiga, Jum’at 2 September 2016

Baca Juga : Khutbah Jum’at Memberikan Manfaat Untuk Orang Lain

Share.

Leave A Reply