Khatam Al-Qur’an, Seberapa Banyak Pahalanya?

0

Khatam Al-Qur’an, Seberapa Banyak Pahalanya?. Bulan Ramadhan adalah bulan Al-Qur’an. Setiap hamba berlomba-lomba untuk mengumpulkan kebaikan-kebaikan dari setiap huruf yang mereka baca dari ayat-ayat Al-Qur’an. Tidak cukup hanya mengkhatamkan satu kali, namun mereka mencoba untuk mengkhatamkannya sebanyak dua kali, tiga kali bahkan ada yang mengkhatamkannya sampai lima kali.

Al-Qur’an adalah kitab pedoman yang dianjurkan oleh agama. Oleh sebab itu tentu saja di dalamnya mengandung kebaikan-kebaikan yang banyak. Apa ukuran kebaikan itu, hanya Allah yang tahu, manusia hanya bisa mengira dan menerka-nerka berdasarkan kemampuan akal dan ilmu yang bersifat terbatas. Akan tetapi dengan keterbatasan akal pikiran dan sediktnya ilmu yang diberikan Allah, jika Allah telah menghendaki maka ilmu yang sedikt itu dapat menuntun kita untuk semangat beribadah dan selulu melakukan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Imam an-Nasafi ditulis dalam kitab Majmu al Ulum wa Mathli’u an Nujum dan dikutip oleh Imam Ibn ‘Arabi dalam mukaddimah al-Futuhuat al Ilahiyah karangannya menyatakan bahwa :

Jumlah total semua huruf dalam al-Qur’an sebanyak satu juta dua puluh tujuh ribu. (1.027.000)

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu ia berkata, Rasulullah saw bersabda :

Barangsiapa yang membaca 1 Huruf dari Kitab Allah, maka ia mendapatkan 1 Kebaikan dan 1 Kebaikan itu sama dengan 10 kali lipat. Aku tidak mengatakan alif laam miim satu huruf, tapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf

(HR.Tirmidzi : 2835)

Subhanallah,,, kalau 1 kali khatam membaca Al-Quran berarti akan mendapat pahala kebaikan sebanyak : 1.027.000 huruf x 10 kebaikan = 10.270.000,- pahala kebaikan (belum termasuk pembacaan pengulangan)

Toh bukan hanya per huruf  aja yang dapet pahala,,, ada rejeki nomploknya juga,,, per ayatnya juga dapet,,,

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Apakah salah seorang dari kalian suka jika ketika dia kembali kepada isterinya, di rumahnya dia mendapati tiga ekor unta yang sedang bunting lagi gemuk-gemuk?” Kami menjawab, “Ya.” Beliau bersabda, “Tiga ayat yang dibaca oleh salah seorang dari kalian di dalam shalatnya adalah lebih baik daripada ketiga ekor unta yang bunting dan gemuk itu.”

(HR. Muslim no. 802)

Kalo tak rekap al-qur’an itu terdiri dari: 30 Juz 114 Surah

6.236 Ayat (hitung aja sendiri kalo gak percaya yg jelas bukan 6666 ayat)

1.027.000 Huruf

berarti 1 kali khatam Al Quran (dalam shalatnya) = lebih baik dari 6.236 onta yang besar dan gemuk,,,subhanallah,,,,

misal:

harga 1 ekor unta = Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah)

1 kali khatam = 6.236 ayat = 6.236 ayat x Rp. 30.000.000 = Rp. 187.080.000.000 (seratus delapan puluh tujuh milyar delapan puluh juta rupiah)

berarti 1 kali khatam Al Quran (dalam shalatnya) = lebih baik dari 6.236 onta yang besar dan gemuk atau lebih baik dari Rp. 187.080.000.000….

subhanallah,,,,

Kenapa sih kok hitung-hitung pahala? komentar orang barangkali. Bukan menghitung-hitung, tetapi adalah menghitung diri sejauh mana kita terdorong untuk mengamalkan perintah Allah dan RasulNya.

Kalau Allah dan RasulNya menjanjikan ganjaran pahala yang banyak atas kebaikan apapun yang kita laksanakan, apakah kita harus menolak? Atau apa malah kita menantang perintahNya.

Memang orang tidak akan masuk surga karena semata-mata amalnya, tertapi rahmat Allah yang menyebabkan seseorang dapat masuk surga. Yang jelas rahmat Allah itu tidak didapat dengan Cuma-Cuma tetapi melalui kesungguhan dan ketekunan dalam melaksanakan amal ibadah untuk mencapainya

Tahukah kamu perniagaan yang tidak pernah merugikan, Berniagalah dengan Allah.

Keutamaan membaca al-qur’an yang lainnya:

Dari Ummul Mu`minin ‘Aisyah d berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Yang membaca Al-Qur`an dan dia mahir membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan yang membaca Al-Qur`an namun dia tidak tepat dalam membacanya dan mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.”

 [Al-Bukhari 4937, Muslim 244]

Dari shahabat Abu Musa Al-Asy’ari radhiallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Perumpaan seorang mu`min yang rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Al-Atrujah : aromanya wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mu`min yang tidak membaca Al-Qur`an adalah seperti buah tamr (kurma) : tidak ada aromanya namun rasanya manis.

Perumpamaan seorang munafiq namun ia rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Raihanah : aromanya wangi namun rasanya pahit. Sedangkan perumpaan seorang munafiq yang tidak rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Hanzhalah : tidak memiliki aroma dan rasanya pun pahit.”

 [Al-Bukhari 5427, Muslim 797]

Dari shahabat ‘Utsman bin ‘Affan radhiallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

[Al-Bukhari 5027]

Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.”

[HR. Muslim 804]

Dari shahabat An-Nawwas bin Sam’an Al-Kilabi radhiallahu ‘anhu berkata : saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Akan didatangkan Al-Qur`an pada Hari Kiamat kelak dan orang yang rajin membacanya dan senantiasa rajin beramal dengannya, yang paling depan adalah surat Al-Baqarah dan surat Ali ‘Imran, keduanya akan membela orang-orang yang rajin membacanya.”

 [HR. Muslim 805]

Wallahu A’lam

Baca juga semua tentang :

Share.

Leave A Reply