Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

0

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit. Sakit adalah salah satu cobaan yang diturunkan Allah kepada manusia. Sungguh Allah menjadikan sakit pada hamba-Nya sebagai sebab Ia mencintainya. Dengan sakit, Allah ingin menghapus dosa-dosanya, mengangkat derajatnya, dan memilihnya sebagai kekasih-Nya. Bagi orang yang telah mengetahui hikmah dibalik sakit yang dideritanya, seharusnya ia tidak banyak mengeluh dan berkeluh-kesah, tetapi ia harus merasa senang dan bersyukur kepada Allah. Dan kepada orang yang mau bersabar dan bersyukur atas ujian sakit yang dirasakannya, Allah telah menyiapkan pahala yang besar dan berlipat.

Karena kebaikan dan kemurahan Allah, Ia tidak hanya memberikan pahala besar itu untuk si sakit saja, tetapi Ia juga memberikannya untuk orang yang mau menjenguk orang sakit. Orang yang sedang sakit, lebih-lebih jika sakit yang dideritanya sangat parah dan telah berlangsung dalam waktu yang lama, pasti akan merasa bersedih dan menderita. Oleh karena itu ia memerlukan motivasi dan dukungan dari saudara-saudaranya untuk bisa bertahan dan kuat dalam menghadapi ujian itu. Ia sangat senang jika ada orang yang peduli padanya dengan menjenguknya dan mendoakannya. Dan sunggh Allah mengetahui hamba-hamba-Nya yang mau menggembiraan hati saudaranya, dan Ia pasti akan membalasnya dengan kegembiraan yang lebih besar.

Rasulullah Saw. telah menjelaskan kepada kita tentang keutamaan orang yang mau menjenguk saudaranya yang sedang sakit. Inilah beberapa keutamaannya:

  1. Allah akan memberikan pahala besar bagi orang yang menjenguk orang sakit.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. ia berkata, bahwa Rasulullah Saw. bersabda,

مَنْ عَادَ مَرِيْضًا نَادَاهُ مُنَادٍ مِنَ السَّمَاءِ: طِبْتَ وَطَابَ مَمْشَاكَ وَتَبَوَّأْتَ مِنَ الْجَنَّةِ مَنْزِلاً

Barangsiapa yang menengok orang sakit, maka ada yang memanggil dari langit, ‘Engkau telah berbuat baik, dan betapa baiknya perjalananmu. Kamu telah menempati sebuah tempat di surga. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban)

  1. Orang yang menjenguk saudaranya yang sakit seperti berada di kebun surga

Diriwayatkan dari Tsauban Ra. ia berkata, bahwa Rasulullah Saw. bersabda,

إِنَّ الْمُسْلِمَ إِذَا عَادَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ لَمْ يَزَلْ فِى خُرْفَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَرْجِعَ، وَقِيْلَ وَمَا خُرْفَةُ الْجَنَّةِ؟ قَالَ: جَنَّاهَا

Sesungguhnya seorang muslim apabila menjenguk saudaranya yang sakit maka ia senantiasa berada di Khurfatul Jannah sampai ia kembali. Dikatakan kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, apa yang disebut dengan Kurfatul Jannha?’ Rasulullah menjawab, ‘Khurfatul Jannah adalah kebun surga yang sedang berbuah’.

  1. Orang yang menjenguk saudaranya yang sakit akan dijauhkan dari api neraka

Diriwayatkan dari Anas Ra. ia berkata, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, Barangsiapa yang berwudhu dengan sebaik-baiknya lalu menjenguk saudara muslim yang lain karena Allah, maka ia akan dijauhkan dari neraka jahannam selama 70 kharif. Aku bertanya, ‘Wahai Abu Hamzah, apa yang dimaksud dengan kharif?’ Beliau menjawab, ‘Kharif adalah tahun’. (HR Abu Dawud)

  1. Orang yang menjenguk saudaranya yang sakit akan dimintakan ampun oleh para Malaikat.

Diriwayatkan dari Ali Ra. bahwa ia berkata, aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda, Tidaklah seorang muslim menjenguk saudaranya sesama muslim di waktu pagi, melainkan turun 70 ribu Malaikat yang memintakan ampunan kepada Allah untuknya sampai waktu sore. Dan jika ia menjenguknya di waktu sore maka 70 ribu Malaikat akan memintakan ampun kepada Allah untuknya sampai waktu pagi. Dan ia juga mendapatkan jaminan buah-buhan yang siap dimakan di surga. (HR Tirmidzi)

  1. Orang yang menjenguk orang sakit bagaikan berada di telaga Rahmat Allah

Diriwayatkan dari Jabir Ra. ia berkata, bahwa Rasulullah Saw. bersabda,

مَنْ عَادَ مَرِيْضًا لَمْ يَزَلْ يَخُوْضُ فِى الرَّحْمَةِ حَتَّى يَجْلِسَ، فَإِذَا جَلَسَ اغْتَمَسَ فِيْهَا

Barangsiapa menengok orang sakit, maka ia berada di sekitar telaga rahmat sampai ia duduk. Dan apabila ia telah duduk maka ia telah tenggelam di dalamnya. (HR Thabrani, Ahmad, Al-Bazzar)

 

Wallahu A’lam

 

Share.

Leave A Reply