Keutamaan Membaca Shalawat

0

Keutamaan Membaca Shalawat Muhammad adalah makhluk Allah yang paling mulia. Sungguh tidak ada makhluk mana pun yang melebihi kemuliaan Muhammad Saw. di sisi-Nya. Allah sangat mencintai Nabi Muhamamd, dan tidak ada makhluk mana pun yang lebih Ia cintai dari padanya. Muhammad adalah alasan Allah menciptakan alam semesta raya. Jika bukan karena Muhamamad maka alam semesta dan segala isinya tidak akan terwujud. Allah ada sebelum segalanya ada, lalu Ia mengadakan makhluk agar mereka menyembah kepada-Nya. Semua makhluk yang beriman akan menyembah kepada-Nya. Dan makhluk yang paling sempurna dalam melaksanakan penyembahan kepada-Nya adalah Nabi Muhammad Saw.

Muhammad adalah suri tauladan. Semua yang ada pada dirinya adalah cahaya dan petunjuk. Barangsiapa yang ingin mendapatkankan cahaya maka ia harus mengikutinya. Semua perkataan, perbuatan, dan ketetapannya adalah wahyu yang berasal dari Allah Swt. Apa yang dikatakan, dilakukan, dan disetujui nabi tidak pernah keuar dari hawa nafsunya, tetapi semuanya berasal dari bimbingan Allah Swt. Oleh karena itu, beruntunglah siapa yang beriman kepada Nabi Muhammad, karena sesungguhnya ia telah beriman kepada Allah Swt. Dan barangsiapa yang telah beriman kepada Allah maka ia telah mendapatkan kunci keselamatan hidup di dunia dan akherat.

Rasul pernah bersabda, ‘Sesungguhnya aku hanya diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia’. Oleh karena itu, jika kita membaca sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad Saw. maka kita akan mendapatkan banyak hal yang mencerminkan ketinggian akhlak dan budi pekertinya yang luhur. Nabi Muhammad tidak pernah membalas cacian dengan cacian, tetapi dengan kasih sayang. Nabi Muhammad tidak pernah membalas hinaan dengan hinaan, tetapi dengan penghormatan. Nabi Muhammad tidak pernah membalas permusuhan dengan permusuhan, tetapi dengan persaudaraan. Nabi Muhammad tidak suka menyimpan dendam, tetapi beliau suak dengan pemberian maaf. Nabi Muhammad memberi kepada orang yang menolaknya. Nabi Muhammad menyambung orang yang memutuskan silaurrahim dengannya. Nabi Muhammad memuliakan orang-orang fakir dan miskin. Nabi Muhammad berdiri untuk menghormati jenazah meskipun ia bukan orang muslim. Nabi Muhammad menyuapi makan kepada wanita tua Yahudi. Nabi Muhammad menjenguk orang sakit yang ketika sehatnya suka menyaktinya. Ya Rasulullah, sungguh ada pada dirimu itu akhlak yang agung.

Allah Swt. menyuruh hamba-hamba-Nya agar mereka mencintai Nabi Muhammad Saw. Dengan mencintai Nabi Muhammad Saw. maka mereka akan mengikuti jejak hidupnya. Dan dengan mengikuti jejak hidupnya maka mereka akan benar di dalam mengabdi kepada Allah Swt. Dan jika mereka telah benar dalam menyembah kepada Allah maka Allah akan mencintai mereka. Dan jika Alaah telah mencintai mereka maka mereka akan mendapatkan ridha-Nya. Dan jika mereka telah mendapatkan ridha-Nya maka mereke telah mendapatkan seluruh kabahagiaan. Dan cara yang paling mudah untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhamamd Saw. adalah dengan memperbanyak membaca shalawat kepadanya.

Rasulullah Saw. telah menjelaskan kepada kita tentang keutamaan-keutamaaan membaca shalawat. Inilah beberapa keutaamaannya yang telah diringkas oleh para ulama:

  1. Membaca shalawat adalah melaksanakan perintah Allah Swt.
  2. Membaca shalawat berarti bersamanya tiga shalawat: Yaitu shalawat kita kepada Nabi, shalawat Allah kepada Nabi, dan shalawat para Malaikat kepada Nabi.
  3. Balasan 10 kali shalawat Allah, bagi orang yang membaca shalawat kepada Nabi satu kali.
  4. Orang yang membaca shalawat akan diangkat derajatnya oleh Allah sebanyak 10 derajat
  5. Satu shalawat akan ditulis di buku catatan amal sabanyak 10 kebaikan
  6. Orang yang membaca shalawat akan dijauhkan dari 10 kejahatan
  7. Doa yang sebelumnya dibacakan shalawat, akan cepat dikabulkan oleh Allah Swt.
  8. Shalawat merupakan salah satu sebab mendapat syafa’at Nabi Muhammad Saw.
  9. Shalawat menjadi sebab diampuni dosa
  10. Shalawat menjadikan Allah menghilangkan kesedihan yang diderita si pembaca
  11. Shalawat bisa mendekatkan seorang hamba kepada Allah Swt. di hari kiamat nanti
  12. Shalawat bisa mengganti kedudukan sedekah bagi orang yang tidak punya harta
  13. Shalawat menjadi sebab terpenuhinya segala kebutuhan
  14. Shalawat menjadi penyebab Allah memberikan pujian untuk pembacanya
  15. Shalawat adalah pembersih diri bagi orang yang membacanya
  16. Shalawat menjadi sebab pemberi kabar gembira, dengan dimasukkannya ke dalam surga sebelum kematiannya.
  17. Shalawat menjadi sebab diselamatkannya dari bencana pada hari kiamat
  18. Shalawat menjadi penyebab diingatkannya kembali sesuatu yang telah dilupakan
  19. Shalawat bisa memberi berkah atas tempat yang dipakai untuk membaca shalawat
  20. Shalawat bisa menolak kemiskinan
  21. Shalawat bisa menghindari pembacanya dari sifat kikir
  22. Shalawat akan menjadikan seseorang dimasukkan ke dalam surga
  23. Shalawat bisa memberi wangi majlis yang di dalamnya tidak pernah disebut nama Allah dan Rasul-Nya
  24. Shalawat bisa menjadi cahaya penerang bagi si pembaca menuju Sirath al-Mustaqim
  25. Shalawat akan mengeluarkan seseorang dari kebekuan hati
  26. Shalawat akan menjadi berkah bagi pembacanya, amalnya, umurnya, dan kemaslahatan baginya.
  27. Shalawat menjadi penyebab rahmat dari Allah
  28. Shalawat menjadi penyebab kecintaan seseorang kepada Rasulullah Saw.
  29. Shalawat bisa mengantarkan si pembaca menuju hidayah Allah, dan hidupnya hati yang selama ini telah mati
  30. Shalawat adalah penyebab dikenalnya nama orang yang membacanya dan disebut-sebu di sisi Nabi.

Rasulullah Saw. bersabda, Sesungguhnya shalawat yang kamu baca diperlihatkan kepadaku

Rasul juga bersabda, Sesungguhnya Allah memiliki Malaikat-Malaikat yang tugasnya menyampaikan salam kepadaku dari umatku.

  1. Shalawat bisa menjadi penuntun kaki si pembaca menuju jembatan di atas neraka jahannam dan melewatinya dengan mudah

Rasulullah Saw. bersabda, Aku bermimpi bertemu salah seorang umatku yang merangkak melewati jembatan di atas nereka jahannam. Terkadang ia merayap, terkadang ia bergantung. Kemudian datanglah shalawat yang dibacakan untukku, maka shalawat itu membuatnya berdiri kokoh hingga selamatlah ia dari jembatan neraka jahannam. (Di dalam kitab At-Targhib wa At-Tarhib)

  1. Bacaan Shalawat merupakan penunaian sebagian hak Allah dan mensyukuri-Nya atas nikmat-nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita
  2. Bacaan Shalawat mengandung unsur dzikir kepada Allah dan Kepada Rasul-Nya.

 

Wallahu A’lam

Share.

Leave A Reply