Keutamaan Bersedekah

0

Keutamaan BersedekahTanda kecintaan seseorang kepada Allah adalah ia mencintai makhluk-Nya. Jika ia mengaku mencintai Allah tetapi ia suka menghina dan merendahkan manusia, maka ketahuilah bahwa pengakuannya itu palsu. Orang yang kita kenal sebagai orang-orang shaleh yang mencintai Allah, pasti tampak akhlaknya yang baik kepada sesama manusia. Ia memiliki sifat kasih sayang kepada keluarga, sanak saudara, tetangga, dan teman-temannya. Ia selalu berusaha menjaga perasaan orang lain dan senantiasa menggembirakan hati mereka.

Orang yang mencintai Allah hatinya mudah tersentuh dengan kesusahan orang lain. Ketika ia melihat ada orang yang tertimba bencana maka ia akan cepat membantunya. Ketika menemukan orang yang tertimpa musibah sakit maka ia akan segera menjenguknya, menghiburnya, dan mendoakannya agar segera sembuh. Ketika melihat peminta-peminta dan orang yang kekurangan harta maka ia akan ikhlas memberikan sebagian hartanya. Ia meyakini hadits Rasulullah yang mengatakan bahwa Allah akan membantu seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya. Dan ia amat ingin mendapatkan pertolongan dari Allah, sebab barangsiapa yang ditolong oleh Allah, pasti ia akan menjadi orang yang beruntung di dunia dan di akherat.

Ibadah sosial yang mengharuskan seseorang untuk membantu orang lain, tidak kalah pentingnya dengan ibadah-ibadah ritual seperti shalat, puasa, dan berdzikir. Bahkan ibadah sosial yang dilakukan dengan hati yang ikhlas dapat menghasilkan keutamaan yang lebih besar dari pada ibadah ritual yang kurang sempurna. Banyak manusia yang tidak merasakan nikmatnya ibadah ritual, tetapi karena sebab membantu orang lain ia bisa mendapatkan kekhusu’an dan rasa manis dalam beribadah. Sungguh kedua jenis ibadah, baik ritual maupun sosial, sama-sama penting di mata Allah dan harus diperhatikan oleh seorang muslim yang ingin mendapatkan cinta Allah Swt.

Rasulullah Saw. telah menjelaskan kepada kita tentang keutamaan-keutamaan memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan. Inilah bebrapa keutamaannya:

  1. Sedekah dapat menambah umur seseorang, mencegah dari su’ul khatimah, dan mencegah dari kefakiran

Diriwayatkan dari ‘Amr bin Auf bahwa ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda,

إِنَّ صَدَقَةَ الْمُسْلِمِ تَزِيْدُ فِى الْعُمْرِ وَتَمْنَعُ مَيْتَةَ السُّوْءِ وَيُذْهِبُ اللهُ بِهَا الْكِبْرَ وَالْفَقْرَ وَالْفَخْرَ

Sesungguhnya sedekah seorang muslim dapat menambah umur, mencegahnya dari kematian yang tidak baik, dan menghilangkan sifat sombong dan kefakiran.

  1. Sedekah tidak akan mengurangi harta seorang muslim

Rasulullah Saw. bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Sedekah tidak akan mengurangi sedikitpun dari harta seseorang. (HR Muslim)

  1. Sedekah mencegah seseorang dari api neraka

Dari Adiy bin Hatim Ra. bahwa ia berkata, saya mendengar Rasulullah Saw. bersabda,

اتَّقُوْا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ مِنَ التَّمْرَةِ

Jagalah diri kalian dari api neraka meskipun dengan memberi sepotong kurma.

Dalam sebuah riwayat dari Anas, bahwa ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda,

تَصَدَّقُوْا فَإِنَّ الصَّدَقَةَ فِكَاكُمْ مِنَ النَّارِ

Bersedekalah kalian, karena sesungguhnya sedekah adalah sesuatu yang melepas kalian dari api neraka.

  1. Sedekah dapat menghapus dosa sebesar apapun dosa itu

Rasulullah Saw. bersabda,

وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيْئَةَ

Sedekah itu dapat menghapus dosa.

Diriwayatkan dari Abu Dzar Ra. bahwa ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda, Seorang ahli ibadah dari Bani Isra’il beribadah kepada Allah di mihrabnya selama 60 tahun. Pada saat musim hijan hingga tanam-tanaman menghijau, ia mendapatkan kehormatan untuk menjadi imam (di suatu kampung). Lalu ia berkata, ‘Sekiranya aku turun dari tempat ibadahku sambil berdzikir kepada Allah niscaya aku dapat menambah kebaikan.

Maka ia pun turun (dari tempat ibadahnya) sambil membawa satu potong atau dua potong roti. Ketika ia telah berada di kampung itu ia bertemu dengan seorang wanita. Ia bercakap-cakap dengan wanita itu yang pada akhirnya ia menggauli wanita tersebut. Kemudian ia tertidur. Setelah bangun dari tidur ia menuju ke kolam untuk mandi. Ketika ia sedang mandi, datanglah seorang pengemis yang meminta-minta. Ia pun menyuruhnya untuk mengambil dua potong roti miliknya. Tidak lama setelah itu ia meninggal dunia.

Maka ditimbanglah pahala ibadah yang dilakukannya selama 60 tahun dengan dosa perzinaannya. Ternyata perbuatan dosa perzinaan itu lebih berat dari pada kebaikan-kebaikannya. Namun setelah pahala dua potong roti itu diletakkan bersama pahala kebaikannya, ternyata pahala dari roti itu lebih berat dari pada dosa perzinaanya. Maka ia pun diampuni. (HR Ibnu Hibban, dalam kitab shahihnya)

  1. Orang yang mengeluarkan sedekah selalu didoakan oleh para Malaikat.

Diriwayatkan, bahwa kepada orang yang mengeluarkan sedekah, Malaikat berkata, Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang menafkahkan hartanya. Dan berilah kebinasaan kepada orang yang enggan menafkahkan hartanya.

  1. Sedekah adalah pintu kebaikan yang terbaik

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Ra. bahwa ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda, Sebaik-baik pintu kebaikan adalah sedekah.

  1. Orang yang bersedekah akan berada di bawah naungan Allah pada hari kiamat nanti

Rasulullah Saw. bersabda,

ظِلُّ الْمُؤْمِنِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَدَقَتُهُ

Payung seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya

  1. Sedekah dapat menolak 70 keburukan

Diriwayatkan dari Rafi’ bin Khadij, bahwa ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda,

الصَّدَقَةُ تَسُدُّ سَبْعِيْنَ بَابًا مِنَ السُّوْءِ

Sedekah dapat menutup 70 pintu kejelekan. (HR Thabrani)

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, bahwa ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda,

بَاكِرُوْا بِالصَّدَقَةِ فَإِنَّ الْبَلاَءَ لاَ يَتَخَطَّاهَا

Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sesungguhnya bencana tidak dapat melewati sedekah. (HR Thabrani)

  1. Pahala sedekah akan terus dilipatgandakan sesuai kehendak Allah Swt.

Rasulullah Saw. bersabda,

إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا تَصَدَّقَ فَإِنَّهَا تَقَعُ فِى يَدِ الرَّحْمَنِ وَيُرَبِّيْهَا لَهُ حَتَّى تَصِيْرَ مِثْلَ جَبَلِ أُحُدٍ

       Jika seseorang mengeluarkan sedekah, maka sedekahnya akan berada di Tangan Tuhan  yang Maha Pengasih. Dan Dia akan mengembangkan terus pahalanya hingga menjadi seperti gunung uhud.

 

Wallahu A’lam

 

 

Share.

Leave A Reply