Karena Ada Foto Gus Dur, Rumah Tidak Terbakar

0

Sesuatu yang telah diberkahi Allah akan menjadi berkah. Tempat akan berkah jika diberkahi Allah -seperti Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjidil Aqsha, dll-. Bulan juga akan berkah jika diberkahi Allah -seperti bulan Ramadhan, Dzulhijjah, Muharram, dll-. Dan manusia juga akan berkah jika diberkahi Allah -seperti para rasul, shahabat, ulama, dan wali-wali Allah.

Banyak kisah yang menceritakan keberkahan suatu benda -baik badan, pakaian, perabot, dll- yang pernah bersentuhan dengan seorang wali Allah, atau segala yang berhubungan dengannya.

Dikisahkan, pada hari selasa tanggal 1 Oktober2013 terjadi kebakaran besar di kawasan pemukiman Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kobaran api begitu dahsyatnya sampai menghanguskan lebih dari seribu rumah. Api mudah menjalar karena kebanyakan rumah terbuat dari kayu.

Namun anehnya ada dua rumah yang tetap utuh di antara rumah-rumah yang terbakar itu, yaitu rumah ketua RT -Suwito- dan guru ngaji anak-anak desa -Ustadzah Shalihah-. Dua rumah itu berdiri kokoh diantara rumah-rumah yang telah roboh dan menjadi arang. Secara nalar rumah itu seharusnya terbakar, karena semua rumah yang berada di sekelilingnya habis terbakar.

Ketika ditanya oleh wartawan, pak Suwito mengatakan, “mungkin karena di rumah ini ada gambar Gus Dur dan Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani”. Dua foto yang telah dibingkai itu diletakkan di dua sisi rumah. Foto Gus Dur di sebelah kiri, sementara foto syekh Abdul Qadir di sebelah kanan. Ia melanjutkan, “sebenarnya api telah mulai membakar tepi-tepi rumah, tetapi tidak masuk ke bagian dalam rumah”.

Sedangkan Ustadzah Sholihah hanya menjawab ringan, “mungkin karena di rumah ini ada foto Gus Dur”. Namun ia tetap berkeyakinan bahwa yang menyelamatkan rumah itu adalah Allah, dan apa sebab Allah menyelamatkannya dari kebakaran, hanya Allah yang tahu. La haula wala quwwata illa billah.

Ahmad Mukafi Ni’am, bukti-bukti gus dur itu wali

 

 

Share.

Leave A Reply