Jika Engkau Ingin Mengetahui Kedudukanmu Di Sisi Allah, Maka Lihatlah Bagimana Allah Mendudukkanmu (Hikmah Ke-Tujuhpuluh Tiga)

0

Jika engkau ingin mengetahui kedudukanmu di sisi Allah, maka lihatlah bagimana Allah mendudukkanmu

إِذَا أَرَدْتَ أَنْ تَعْرِفَ قَدْرَكَ عِنْدَهُ فَانْظُرْ فِى مَاذَا يُقِيْمُكَ

Hikmah ini sesuai dengan hadits nabi Muhammad SAW, “barangsiapa yang ingin mengetahui kedudukannya di sisi Allah, maka lihatlah bagaimana kedudukan Allah di dalam hatinya”. Jika engkau ingin mengetahui kedudukanmu di sisi Allah, maka lihatlah bagaimana Allah mendudukkanmu. Di dalam hadits dikatakan, “ketahuilah, sesungguhnya setiap orang dimudahkan untuk melakukan sesuatu yang sudah ditetapkan untuknya”.

Apabila Allah telah menetapkan kebaikan dan ibadah atasmu wahai murid!, maka sadarilah akan agung dan mulianya sebuah ketaatan itu, dan bersyukurlah kepada Allah atas segala nikmat-Nya.

Nikmat Dzohir Dan Batin

(Hikmah Ke-Tujuhpuluh Empat)

مَتَى رَزَقَكَ الطَّاعَةَ وَالْغِنَى بِهِ عَنْهَا، فَاعْلَمْ أَنَّهُ قَدْ أَسْبَغَ عَلَيْكَ نِعَمَهُ ظَاهِرَةً وَ بَاطِنَةً

Ketika engkau diberi suatu ketaatan dan engkau memandang Allah sebagai pemberi nikmat, dan bukan memandang pada taat, maka ketahuilah! Sesungguhnya Allah telah mencurahkan nikmatnya yang dzohir dan batin)

Ketika engkau diberi ketaatan oleh Allah, yaitu dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan anggota badanmu, dan hatimu tidak bergantung pada ketatan itu, tetapi bergantung kepada Allah, maka ketahuilah! sesungguhnya Allah telah memberimu kesempurnaan nikmat dzohir dengan berbagai macam ketaatan, dan nikmat batin -yaitu bergantungnya hatimu pada sang pemberi nikmat-. Karena sesungguhnya hanya dua hal yang diminta oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya, yaitu; dzohirnya/badannya menjalankan perintah Allah dan batin/hatinya bergantung kepada Allah, bukan selain-Nya. Barangsiapa yang telah diberi keduanya, maka Allah telah menyempurnakan nikmat-Nya.

Sykh Abdul majid, Syarhu Kitabil Hikam

 

Share.

Leave A Reply