Islam Adalah Agama Terakhir Dan Agama Semua Nabi

0

Ajaran yang diperintahkan Allah kepada seluruh umat manusia sejak zaman nabi Adam sampai zaman nabi Muhammad adalah laa ilaaha illallah (tiada tuhan selain Allah). Allah Swt. sangat sayang kepada hamba-hamba-Nya, sehingga Ia mengutus para rasul yang bertugas memberi peringatan kepada mereka. Dan agar mereka mengimani apa-apa yang dikatakan oleh para rasul. Karena segala sesuatu yang mereka katakan pada hakekatnya berasal dari Allah Swt.

Allah berfirman,

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ إِلا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لا إِلَهَ إِلا أَنَا فَاعْبُدُونِ

Aku tidak mengutus seorang rasulpun sebelum engkau (Muhammad), melainkan telah Aku wahyukan kepadanya ‘laa ilaaha illallah’, maka sembahlah Aku. (QS. Al-Anbiyaa’: 25).

Allah juga berfirman,

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلا بِلِسَانِ قَوْمِهِ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ

Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. (QS. Ibraahiim: 4)

Mengesakan Allah kemudian beribadah kepada-Nya adalah dasar syariat yang dibawa oleh semua rasul.

Allah berfirman,

أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَهٍ غَيْرُهُ

Sembahlah Allah oleh kamu sekalian, sekali-kali tidak ada Tuhan selain daripada-Nya. (QS. Al-Mukminuun: 32).

Islam adalah agama semua nabi dilihat dari dimensi akidah.

Allah berfirman,

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الإسْلامُ

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. (QS. Ali Imraan: 19)

Allah berfirman,

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الإسْلامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ

Barang siapa yang mencari agama selain agama Islam maka sekali-kali tidak akan diterima. (QS. Ali Imron: 85).

Allah berfirman,

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا

Hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, Aku cukupkan nikmat-Ku kepadamu, dan Aku rela Islam menjadi agama bagimu. (QS. Al-Maidah: 3).

Allah Swt. menghendaki agar agama Islam menjadi agama yang terakhir secara syariat. Tetapi dari sisi akidah semua agama adalah Islam. Adapun persamaan agama Islam dengan agama-agama sebelumnya terletak pada prinsip-prinsip ibadah seperti shalat, zakat, dan beberapa perintah dan larangan, seperti haramnya membunuh dan berzina. Adapun perbedaannya terletak pada bentuk dan gerakan shalat, nisab zakat dan jumlah yang harus dikeluarkan, dan lain-lain -menyesuaikan dengan zaman dan kondisi setempat-.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Agama Islam mencakup akidah, syariat Islam, dan prinsip syareat agama-agama terdahulu. Oleh karena itu, Allah berfirman kepada umat Muhammad bahwa Islam adalah agama yang sempurna, nikmat yang lengkap, dan Allah ridha atas agama ini.

Allah berfirman,

وَمَنْ يَرْغَبُ عَنْ مِلَّةِ إِبْرَاهِيمَ إِلا مَنْ سَفِهَ نَفْسَهُ وَلَقَدِ اصْطَفَيْنَاهُ فِي الدُّنْيَا وَإِنَّهُ فِي الآخِرَةِ لَمِنَ الصَّالِحِينَ (١٣٠)إِذْ قَالَ لَهُ رَبُّهُ أَسْلِمْ قَالَ أَسْلَمْتُ لِرَبِّ الْعَالَمِينَ (١٣١)وَوَصَّى بِهَا إِبْرَاهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى لَكُمُ الدِّينَ فَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Dan tidak ada yang membenci kepada agama Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri, dan sungguh Kami telah memilihnya di dunia. Dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang saleh. Ketika Tuhannya berfirman kepadanya, “tunduk patuhlah!”, Ibrahim menjawab: “Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam”. Dan Ibrahim Telah mewasiatkan Ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata), “Hai anak-anakku! sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah engkau mati kecuali dalam memeluk agama Islam. (QS. Al-Baqarah: 130-132).

Allah berfirman,

قَالَتْ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي وَأَسْلَمْتُ مَعَ سُلَيْمَانَ

Balqis berkata, ‘Tuhanku! sesungguhnya aku telah berbuat zalim kepada diriku. Dan aku berislam (berserah diri) kepada Tuhan bersama dengan nabi Sulaiman. (QS. An-Naml: 44).

Allah Swt. juga menyebutkan di dalam firman-Nya bahwa nabi Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub, Asbat, Nuh, Musa, Isa, Sulaiman dan orang-orang yang mengikutinya sebagai muslimiin (orang Islam).

Dari penjelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang ada sejak zaman nabi Adam sampai zaman nabi Muhammad SAW. Wallahu A’lam.

Prof. Dr. Ali Jum’ah, Al-Bayaan lima Yusyghilul Adzhan

Share.

Leave A Reply