Ikhlas Hanya Karena Allah SWT Seperti ini..

0

Kali ini kita akan membahas tentang Ikhlas Hanya Karena Allah. Orang yang ikhlas tidak akan mengharapkan sesuatu selain Allah SWT. Kepada manusia ia tidak pernah mengharapkan suatu apapun. Karena yang menjadi tujuannya adalah mendapatkan keridhoan Allah SWT.

Ada satu cerita tentang seorang ulama di Jawa timur. Santri beliau tidak sampai ratusan, tapi hampir semua berkualitas. Beliau mempunyai jadwal rutin pengajian berbagai kitab yang diadakan di masjid yang berada di depan rumah beliau.

Suatu sore ketika waktunya mengaji, beliau berangkat. Dalam masjid, entah mengapa, ternyata belum ada satu pun santri yang hadir. Tapi ulama tersebut tetap melakukan apa yang sudah biasanya dilakukan ketika mengaji. Beliau membuka kitab, membuka pengajian dengan doa dan Faatihah lalu murotal kitab seperti biasanya. Padahal tidak ada satupun santri yang hadir, hanya ada dampar-dampar yang berjejer tanpa ada santri.

Hingga selesai pengajian, tetap tak ada satupun santri yang hadir. Beliau mengakhirinya tepat di waktu seperti jadwal biasanya yaitu sekitar dua jam kemudian. Jadi, sekitar dua jam beliau membaca kitab di hadapan dampar-dampar kosong.

Ketika ditanya oleh keluarganya tentang hal tersebut, beliau menjawab, “Yang butuh ngaji itu bukan hanya manusia. Dampar, karpet, dinding dan alam sekitar itu ya butuh ngaji,”

Sampai sebegitunya pengamalan, dedikasi dan pengabdian beliau terhadap ilmu dan agama. Beliau tidak memperdulikan ada atau tidaknya perhatian manusia, ada atau tidaknya santri itu tidak jadi penghalang beliau untuk beramal. Mungkin dari barokah kualitas keikhlasan tersebut, santri-santrinya menjadi orang yang berkualitas pula. Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari, KH. Wahab Chasbullah, KH. Ahmad Djazuli Usman adalah sebagian contoh dari sekian banyak santri-santrinya yang berkualitas.

Lahu Al-Faatihah

 

Share.

Leave A Reply