Hikmah pada Gajah dan Belalainya

0

Hikmah pada Gajah dan Belalainya. Belalai gajah bagaikan tangan yang berfungsi menggapai makanan dan menyalurkannya ke lambung. Jika saja gajah tidak mempunyai belalai, maka dia tidak akan mampu mendapatkan sesuatu dari tanah karena gajah memiliki leher yang pendek. Ketika gajah tidak memiliki leher yang panjang, maka diciptakan belalai sebagai penggantinya. Dengan belalainya gajah mampu menjulurkan, meninggikan dan membelokkannya sesuai dengan keinginannya.

Belalai itu diciptakan dalam bentuk yang elastis. Dengan belalainya gajah memberi dan menerima sesuatu. Siapakah yang memberinya sebagai ganti dari anggota tubuh yang tidak ia miliki? Tidak lain adalah Allah yang Maha Tahu tentang kebaikan setiap makhlukNya.

Allah tidak menciptakan leher yang panjang pada gajah karena kepala gajah dan telingganya yang besar dan berat. Andai gajah memiliki leher, maka pundaknya akan turun karena menahan berat kepalanya. Oleh karena itu dijadikan kepala gajah menempel dengan badannya agar gajah tidak merasakan beban berat. Dan diciptakan baginya belalai sebagai ganti dari leher. Dengan belalai ini gajah bias mendapatkan makanan tanpa harus menundukkan kepalanya.

Adapun unta diciptakan  dengan leher panjang dan kepala yang kecil dan ringan dibanding dengan berat dan besarnya badan unta. Yang ddemikian itu terdapat hikmah besar yaitu agar unta tidak terbebani oleh berat badannya dan meringankan lehernya. Mahasuci Allah yang hikmahnya tidak bisa dihitung oleh siapapun. Wallahu A’lam.

‘Aja’ib al-Makhluqat min Manzhur Fikr al-Imam Ibnu al-Qoyyim

Baca Juga : Keajaiban Penciptaan Semut

Bukti Kekuasaan Allah pada Burung

Share.

Leave A Reply