Gus Dur Ditalqin Langsung Oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani

0

Gus Dur Ditalqin Langsung Oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani. Tidak ada yang meragukan kecerdasan dan keilmuan Gus Dur. Hampir setiap orang kagum dengan pemikiran-pemikirannya. Disamping kecerdasannya, memang Gus Dur sepertinya telah dipilih oleh Tuhan untuk menjadi pemimpin dan panutan bagi bangsa Indonesia, di dalam segala hal, termasuk yang berkenaan dengan laku suluk (perjalanan seorang hamba menuju Allah SWT).

Dikisahkan dalam sebuah lawatan ke Baghdad, Irak, Gus Dur yang memiliki kegemaran berkunjung ke makam-makam ulama dan waliyullah, juga berkunjung ke makam Syekh Abdul Qadir Al-Jailani q.s. Dalam keadaan antara sadar dan tertidur, Gus Dur didatangi Syekh Abdul Qadir Al-Jailani q.s. dan Tuan Syekh mentalqin Gus Dur.

Dalam tarekat, talqin bukan sekedar pembelajaran dzikir, tetapi juga merupakan pengakuan seseorang sebagai murid tarekat dari tarekat yang dianut pentalqin. Dengan demikian, pada talqin dzikir yang dilakukan oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani q.s. Gus Dur telah resmi menjadi pengikut tarekatnya.

Setelah kembali ke Indonesia, Gus Dur berkesempatan untuk silaturrahim ke Syekh Shohibul Wafa Tajul Arifin q.s. yang akrab dipanggil Abah Anom, Mursyid Tarekat Qadiriyiah Naqsyabandiyah (TQN) Suryalaya. Gus Dur minta untuk ditalqin oleh Abah Anom, tetapi Abah Anom mengatakan bahwa Gus Dur tidak perlu ditalqin lagi karena sudah ditalqin oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani q.s. Cerita ini populer di kalangan murid TQN Suryalaya, baik yang langsung menyaksikan peristiwa ini ataupun tidak.

Wallahu A’lam

Baca Juga : Gus Dur & Sunan Gunung Jati

Share.

Leave A Reply