Gus Dur Dipanggil Dan Berdialog Dengan Sunan Gunung Jati

1

Gus Dur Dipanggil Dan Berdialog Dengan Sunan Gunung Jati. Pada suatu hari Gus Dur beserta rombongan berkunjung ke Cirebon. Gus Dur hendak berjumpa dengan KH. Fuad Hasyim -pengasuh Pondok Pesantren Buntet-. Setelah itu rombongan mohon pamit karena akan segera melanjutkan perjalanan menuju ke kediaman Al-Habib Luthfi di Pekalongan.

Di tengan jalan -di Losari, kira-kira pukul 01.00 dini hari- Gus Dur tertidur dan bermimpi berjumpa dengan Sunan Guung Jati seraya berkata, “ke Cirebon kok nggak mampir”. Setelah terbangun Gus Dur pun menyuruh sopir untuk balik arah menuju makam sunan Gunung Jati -kompleks Astana Gunung Sembung-. Orang-orang yang menemani Gus Dur pun segera bertanya, “kenapa kita kembali Gus?”, “saya dipanggil Sunan Gunung Jati”, jawab Gus Dur, mereka pun terdiam tak berkutik.

Anehnya, ketika rombongan telah sampai di area pemakaman sunan Gunung Jati, mereka disambut oleh para juru kunci lengkap dengan pakaian kebesaran khas keraton. Sebagaimana layaknya berada di makam, mereka segera membaca surat yasin, tahlil, dan doa-doa. Setelah selesai, terlihat Gus Dur diam tertunduk. Sementara itu rombongan lainnya segera berdiri untuk beranjak.

Arifin Junaidi -mantan sekretaris PBNU- yang pada saat itu ikut serta dalam rombongan bertanya kepada salah seorang juru kunci, “siapa yang memberitahu bahwa Gus Dur mau ke sini?”, -karena pada saat itu belum ada hp dan tidak ada jadwal yang menyatakan bahwa Gus Dur akan berziarah ke makam Sunan Gunung Jati-, ia menjawab, “salah seorang juru kunci bermimpi berjumpa dengan Sunan Gunung Jati seraya berkata, ‘cucuku mau datang’, ia kemudian segera membangunkan teman-temnnya untuk bersiap-siap”.

Karena masih penasaran atas apa yang dilakukan Gus Dur setelah pembacaan tahlil tadi, Arifin pun bertanya, “kenapa tadi Gus Dur diam dengan kepala tertunduk?”, Gus Dur menjawab, “tadi saya berdialog dengan Sunan Gunung Jati tentang permasalahan umat”. Sesama wali meski telah wafat akan saling berkomunikasi. Subhanallah. Laa haula wala quwwata illaa billaah.

Berbagai Sumber

 

 

Share.

1 Comment

Leave A Reply