Engkau Terbebas Dari Sesuatu Yang Tidak Engkau Tamaki. Dan Engkau Menjadi Hamba Atas Sesuatu Yang Engkau Tamaki (Hikmah Ke-Enampuluh Dua)

0

Engkau terbebas dari sesuatu yang tidak engkau tamaki. Dan engkau menjadi hamba atas sesuatu yang engkau tamaki

Engkau akan terlepas dari segala sesuatu yang tidak engkau inginkan. Dan ketiadaan keinginan atas sesuatu adalah tanda kosongnya hatimu darinya. Oleh karena itu hal ini akan membebaskan hatimu, sehingga membuahkan rasa nyaman dan tenang. Sedangkan tamak akan sesuatu adalah tanda kecintaan hati padanya, dan berlebih-lebihan dalam menginginkannya. Dan inilah yang dinamakan dengan penghambaan pada sesuatu selain Allah.

أَنْتَ حُرٌّمِمَّا أَنْتَ عَنْهُ آيِسٌ وَعَبْدٌ لِمَا أَنْتَ فِيْهِ طَامِعٌ

Berharap dan bergantunglah hanya kepada Allah. Berhiaslah dengan kemuliaan. Dan kemuliaan itu ada pada ketiadaan keinginan pada sesuatu selain Allah.

Barangsiapa Yang Tidak Bersegera Menghadap Allah Karena Kebaikan-Kebaikannya, Maka Allah Akan Segera Menurunkan Ujian Dan Musibah Padanya

(Hikmah Ke-Enampuluh Tiga)

مَنْ لَمْ يَقْبِلْ عَلَى اللهِ بِمُلاَطَفاَتِ الْإِحْسَانِ، قَيَّدَ إِلَيْهِ بِسَلاَسِلِ الْإِمْتِحَانِ

Barangsiapa yang tidak bersegera menghadap allah karena kebaikan-kebaikannya, maka allah akan segera menurunkan ujian dan musibah padanya

Barangsiapa yang tidak bersegera berjalan menuju Allah karena sebab kebaikan-kebaikan Allah padanya, maka Allah akan segera memborgolnya dengan rantai ujian dan musibah. Jiwa-jiwa hamba yang mulia tentulah akan segera menghadap Allah karena kebaikan-kebaikan-Nya. Sesungguhnya yang diinginkan Allah atas hamba-hamba-Nya adalah kembalinya mereka kepada Allah dalam keadaan apapun.

Syekh Abdul Majid, Syarhu Kitabil Hikam

Share.

Leave A Reply