Doa Biar Dunia Mengejar Kita

0

Doa Biar Dunia Mengejar Kita. Orang yang berada di alam dunia ini memang dituntut untuk bekerja dan mencari nafkah. Mencari nafkah bukanlah tanda seseorang yang jatuh cinta kepada dunia, namun ia adalah bagian dari ketaatan kepada ajaran agama Islam. Islam mengajarkan bahwa seorang laki-laki yang telah berkeluarga berkewajiban untuk mencari rezeki yang lancar untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Dalam pencarian nafkah ini, banyak manusia yang mengeluh. Mereka mengeluhkan kesempitan dan kesusahan. Seolah-olah Allah yang Maha Kaya itu tidak bisa mengkayakannya.

Ketahuilah sesungguhnya kesempitan hati itu bukanlah karena sedikitnya rezeki yang diperoleh, tetapi itu akibat dari jauhnya seorang hamba dari tuhannya. Kebanyakan orang hanya memusatkan pikirannya pada bekerja dan bekerja, sampai mereka melupakan senjata kaum mukmin yaitu doa.

Diriwayatkan bahwa seorang Sahabat mengeluh kepada Rasulullah dan berkata : “Ya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, kenapa dunia seolah-olah tidak menginginkanku, semua usahaku bangkrut, peternakan dan pertaniankupun selalu gagal panen.? Sambil tersenyum Nabi Muhammad mengajarkan tentang tasbihnya para Malaikat serta tasbihnya penghuni alam semesta yaitu kalimat :

سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم واستغفر الله

SUBHANALLAH WA BIHAMDIHI SUBHANALLAHIL ‘AZHIM WASTAGHFIRULLAH

Lalu Nabi bersabda :

“Bacalah 100 kali sebelum terbit Fajar. Maka dunia akan memohon kepada الله agar engkau miliki (mengejarmu tanpa kau mengejarnya)” Selang beberapa bulan kemudian, sahabat tadi kembali lagi dan bercerita : Ya Rasulullah sekarang aku bingung dengan hartaku kemana harus aku letakkan hasil usaha dan peternakanku karena banyaknya”

*Diriwayatkan oleh Alkhatib Al Baghdadi dari Imam Malik RahimahuLLAAH. Dikutip dari Kitab : أبواب الفرج oleh Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki RahimahuLLAAH) “Beliau Alhabib Ali bin Abdurrahman Assegaff membaca doa itu,semoga kita bisa mengamalkannya dan memperoleh rezeki yang melimpah untuk ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Wallahu A’lam

Share.

Leave A Reply