Dengan Dzikir Laa Ilaaha Illallah Mencegah Godaan Nafsu

0

Godaan nafsu berbeda dengan godaan syetan. Godaan nafsu datang menggoda manusia dengan berkali-kali dan berulang-ulang. Adapun godaan syetan hanya datang sekali dan tidak kembali setelah ia pergi, oleh karena itu godaan syetan sangat mudah diatasi. Dengan membaca ta’awwudz, syetan akan pergi dan tidak akan kembali.

Menurut para ulama, godaan yang paling berbahaya adalah godaan nafsu. Nafsu merupakan hijab yang terbesar. Hijab adalah sesuatu yang menghalangi manusia untuk mencapai wushul kepada Allah SWT.

Ia menghalangi manusia dari proses penyucian hati dari segala keburukan, menghalangi manusia untuk memperoleh penghiasan hati atas segala kebaikan, menghalangi manusia untuk mendapatkan cahaya-cahaya, mencegah datangnya rahasia-rahasia, dan menghalangi manusia untuk mengerti akan ilmu pengetahuan tata cara bersopan santun kepada Allah SWT. Kita harus berusaha keras untuk mengalahkan nafsu ini.

Para guru telah menggambarkan cara yang terbaik untuk mengalahkan nafsu. Cara itu adalah dzikir Laa ilaaha illallah. Laa ilaaha illallah mencakup makna peniadaan dan penetapan. Ada dalil yang meniadakan dan dalil yang menetapkan. Inilah hakekat makhluk.

Pada hakekatnya makhluk itu tidak ada. Kemudian ia menjadi ada, karena Allah ada. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Allah ada, tidak ada sesuatu selain Dia”.[1] Maksudnya bahwa Allah itu ada, tidak ada makhluk yang bersama-Nya.

Syekh Ali Jum’ah, al-bayan

 

[1]               Hadits riwayat Bukhori

Share.

Leave A Reply