Tanda Keberhasilan Dakwah Menurut Al-Habib Umar bin Hafidz

0

Tanda Keberhasilan Dakwah Menurut Al-Habib Umar bin Hafidz, Dalam sebuah kesempatan Al-Habib Umar bin Hafidz menyampaikan di dalam ceramahnya mengenai ‘apa tanda keberhasilan di dalam dakwah’. Apakah benar bahwa keberhasilan dakwah itu ketika seserang berhasil mendapatkan pengikut yang banyak atau memiliki pondok yang megah dengan ribuan santri, sebagaimana yang disangkakan kebanyakan orang.

Habib Umar mengatakan bahwa sukses dalam dakwah tidak diukur dengan banyaknya jumlah pengikut, tetapi diukur dari seberapa sabar pendakwah mau mengusung kebenaran. Sayyidina Nuh Alaihissalaam menghabiskan waktu 950 tahun untuk mengajak orang kepada Allah dan hanya beberapa dari mereka yang menjawab untuk mengikutinya.

Sedangkan orang-orang dari Sayyidina Yunus Alaihissalaam menanggapi panggilan beliau dan mereka berjumlah lebih dari 100.000 orang.

Lalu, bagaimana Nabi Nuh AS, bisa memiliki derajat Maqam yang lebih tinggi daripada Nabi Yunus AS? Itu karena keteguhan dan kesabarannya. Rakyatnya akan memukulinya sampai ia jatuh pingsan, tetapi setelah ia kembali tersadar, ia akan melanjutkan memanggil mereka kepada Allah.

Jika salah satu dari kita telah dipukuli saat berdakwah untuk memanggil orang kepada Allah, akankah kita kembali ke pada orang yang sama dan memanggil mereka kepada Allah sekali lagi?

 

Share.

Leave A Reply