Cahaya Dan Rahasia Ketika Berjalan Menuju Allah, Apa Itu?

0

Cahaya Dan Rahasia Ketika Berjalan Menuju Allah, Apa Itu?. Ada empat hal yang harus kita ketahui di dalam at-Thoriq ila-Allah, yaitu asraar (rahasia-rahasia), anwaar (cahaya-cahaya), mulk (alam yang tampak), dan malakuut (alam yang tidak tampak oleh panca indera).

  1. Al-Mulk, adalah alam yang bisa dilihat oleh panca indra, yakni alam yang sekarang kita tempati.
  1. Malakuut, contohnya adalah alam malaikat -dimana mereka terus-menerus ruku’ dan bersujud beribadah kepada Allah SWT-. “Malaikat tidak membangkang kepada perintah Allah dan senantiasa melaksanakan segala perintah-Nya”.[1]
  1. Asraar, adalah segala hal baru yang belum pernah tersingkap sebelumnya.
  1. Anwaar, adalah segala sesuatu -baik jasmani maupun rohani- yang menyinari kegelapan. Allahu nuurus samaawaati wal ardh (Allah adalah cahaya langit dan bumi).[2] Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah sebagai rahmat, dan Allah mengatakan bahwa Muhammad adalah lampu yang bercahaya.[3]

Ketika seseorang sedang berjalan menuju Allah, terkadang Allah membuka beberapa rahasia alam mulk. Termasuk rahasia-rahasia alam mulk diantaranya: rahasia mengenai binatang, tumbuh-tumbuhan, pondasi suatu bangunan, kaidah hukum, rahasia orang, dan sebagainya. Rahasia-rahasia ini tidak hanya diketahui oleh orang Islam saja. Orang kafir pun bisa mengetahuinya dengan izin Allah.

Rahasia-rahasia bumi dan segala isinya mulai tersingkap sedikit demi sedikit. Manusia menjadi tahu akan banyak hal. Mereka mengetahui bagaimana cara membuat pesawat luar angkasa, cara mengawetkan makanan dalam jangka waktu yang lama, mengobati berbagai macam penyakit, dan menyaksikan benda-benda yang sangat kecil dengan alat-alat modern. Meskipun manusia mengetahui banyak hal, namun tetap saja yang tidak diketahuinya lebih banyak dari yang diketahuinya.

Perjalanan waktu akan menyingkap pengetahuan-pengetahuan baru yang tidak akan ada habisnya. Setiap kali datang 1 pengetahuan, maka datang pula bersamanya 40 sampai 50 pertanyaan. Artinya, jika tersingkap 1 juta pengetahuan, maka akan ada 50 juta pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Semua ini berhubungan dengan rahasia-rahasia mulk.

Hal lain yang terkadang dialami oleh seseorang ketika berjalan di jalan Allah adalah kasyf. Misalnya ketika ia sedang menyendiri di dalam khalwat (menyepi) atau di dalam shalat, tiba-tiba tersingkap baginya rahasia-rahasia alam. Ia menjadi tahu perihal kedokteran, tentang ilmu kimia, dan sebagainya. Pengetahuan yang ia dapatkan terkadang sempurna dan terkadang hanya sebagian.

Ada murid tertentu yang apabila terbuka suatu ilmu, ilmu itu bisa terus diingatnya. Tetapi ada pula yang diberitahu secara sekilas kemudian menghilang kembali, dan setelah beberapa tahun berlalu, ia mendengar seorang dokter atau ahli fisika yang mengatakan hal yang sama, sehingga orang itu sedikit merasa kaget dan berkata, ‘saya sudah mengetahui hal ini sebelumnya, tetapi saya lupa’.

Syaikh Ali Jum’ah, At-Thariq ilaa Allah

[1]               Surat At-Tahrim ayat 6

[2]               Surat An-Nur ayat 35

[3]               Surat Al-Ahzab ayat 46

Share.

Leave A Reply