Apakah Seorang istri Harus Mendapatkan Izin Dari Suami Ketika Akan Melaksanakan Ibadah Haji?

0

Rumah tangga Islami haruslah dibangun atas dasar saling memahami, saling mencintai, kasih sayang, dan saling menghormati. Seorang suami yang baik harus senantiasa berusaha membuat dirinya ridlo kepada istrinya. Begitu pula seorang istri juga harus meridloi suaminya.

Disamping kaum laki-laki, kaum perempuan juga mendapatkan taklif (pembebanan) dari Allah SWT untuk beribadah kepada-Nya. Nabi bersabda, la tho’ata limakhluqin fii ma’shiyatil kholiq (tidak ada ketaatan kepada makhluk untuk bermaksiat kepada Allah) (HR Ibnu Abi Syaibah).

Meninggalkan haji bagi yang mampu sama saja meninggalkan salah satu rukun Islam yang lima. Apabila suami menyuruh istrinya untuk tidak melakukan ibadah haji, maka suaminya berdosa, dan si istri tidak boleh mentaati perintah suaminya. Jika si istri bersikeras untuk pergi ke baitulloh, maka ia telah bermaksiat kepada suaminya, namun ia tidak berdosa.

Seorang wanita tidak memerlukan izin dari suaminya untuk beribadah dan menyembah kepada Allah SWT. Jika ia hendak berpuasa Ramadlan, maka ia dibolehkan untuk berpuasa tanpa izin dari suami.

Begitu pula ketika ia ingin melakukan shalat, zakat, dan haji. Akan tetapi kami memberikan nasehat bagi suami dan istri untuk saling membangun kesepahaman dan kecocokan. Janganlah ada permusuhan diantara keduanya, karena hal itu sangat dibenci oleh Allah dan rasul-Nya.

Ibnu Qudamah mengatakan bahwa apabila seorang wanita hendak melaksanakan ibadah haji atau umroh yang wajib, seorang suami tidak diperbolehkan untuk melarangnya. Hal ini juga dikatakan oleh Ahmad, an-Nakho’i, Ishaq, dan imam Syafi’i. (al-mughni).

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa ketiadaan izin dari suami tidak bisa mempengaruhi niat si istri untuk melaksanakan ibadah haji yang diwajibkan oleh agama Islam. Tetapi diharapkan agar suami dan istri saling menghargai dan meridloi demi tujuan memperoleh keutamaan ibadah haji yang sempurna. Wallahu ta’ala a’la wa a’lam.

Syekh Ali Jum’ah, Al-Bayan Lima Yusyghilul Adzhan

Share.

Leave A Reply