Apa Rahasia Dibalik Penggabungan Kalimat Laa Ilaaha Illallah Dan Muhammad Rasulullah?

0

Apa Rahasia Dibalik Penggabungan Kalimat Laa Ilaaha Illallah Dan Muhammad Rasulullah? Tujuan penggabungan kalimat laa ila haa illallah (tiada tuhan selain Allah) dengan kalimat Muhammad Rasululloh (Muhammad utusan Allah) adalah menjelaskan cara beribadah agar dapat diterima.

Kalimat tauhid laa ilaa ha illallah berarti tidak ada seseorangpun yang memiliki hak untuk disembah kecuali Allah. Setiap orang yang baru mendengar kalimat ini pasti akan segera bertanya bagaimana cara beribadah dan bertuhan kepada Allah?.

Dan jawabannya adalah engkau beribadah kepada Allah berdasarkan syareat nabi Muhammad SAW yang ditunjukkan dengan kalimat Muhammad Rasulallah. Tidak ada ibadah kecuali hanya untuk Allah. Dan tidak ada cara beribadah kecuali dengan cara syareat Muhammad SAW. Itulah dua syarat ibadah agar dapat diterima.

Allah hanya menerima amal ibadah yang dikerjakan dengan ikhlas hanya karena Allah dan dilakukan dengan cara yang benar yang sesuai dengan cara yang diajarkan nabi Muhammad SAW.

Allah berfirman, qul inkuntum tuhibuunallaha fattabi’uuni yuhbibkumullohu wa yaghfirlakum dzunuubakum. Wallahu ghofuururrokhiim (jika kalian mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad). Maka Allah akan mencintaimu dan Ia akan mengampuni dosa-dosamu). Karena Allah maha pengampun lagi maha penyayang.

Allah juga berfirman,

مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ تَوَلَّى فَمَا أَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا

Barangsiapa yang taat kepada Rasul, maka ia telah taat kepada Allah. Dan barang siapa yang tidak taat kepada Rasul, maka ketahuilah wahai Muhammad!, sesungguhnya Kami tidak mengutusmu untuk memelihara mereka. (QS. An-Nisa’: 80).

Sesungguhnya suatu ibadah tidak akan diterima kecuali dengan cara yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu nabi bersabda, “shalatlah sebagaimana aku melaksanakan shalat” (HR. Bukhari).

Nabi juga bersabda, “ambillah dariku cara untuk melaksanakan ibadah haji”. (HR Ahmad, Muslim, Al-Baihaqi)

Itulah penjelasan singkat mengenai rahasia dibalik penggabungan kalimat laa ilaa haa illallah dan kalimat Muhammad Rasuululloh. Wallahu ta’ala a’la wa a’lam.

Syekh Ali Jum’ah, Al-Bayan

Share.

Leave A Reply