Anda Memilih Madzhab Siapa?

0

Anda Memilih Madzhab Siapa? Para ulama dan guru-guru kita sejak berabad-abad yang lalu telah berpegang pada empat madzhab di dalam menjalankan syareat Islam di dalam kehidupan mereka. Mereka meyakini bahwa empat madzhab inilah madzhab yang dianggap paling benar, yang mewakili cara berislamnya nabi, para sahabat, dan tabi’in.

Namun pada zaman akhir ini ada sekelompok kecil yang ingin merusak pemahaman masyarakat yang telah benar dalam menjalankan agama Islam. Mereka menyerukan untuk menyerukan kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan cara meninggalkan untuk bertaklid pada madzhab empat itu. Dengan kedangkalan akal mereka ingin merumuskan sebuah hukum islam yang langsung diambil dari Al-Qur’an dan Al-Hadits.

Sungguh bukanlah kebenaran yang mereka dapatkan, tetapi kesesatan yang menyesatkan.

Kelompok ini menolak empat Mazhab yaitu: Hanafi, Maliki, Syafi’ie, dan Hanbali, dan memilih untuk tidak bermazhab, karena mereka telah memakai Mazhabnya sendiri untuk mengamalkan Islam.

Mananggapi kelompok ini kita harus cerdas, sehingga kita bisa mengatakan bahwa empat Mazhab tersebut berjarak sekitar 200 tahun dengan masa Nabi, sedangkan mazhab orang tersebut berjarak sekitar 1400 tahun dengan masa Nabi. Kira2 Mazhab mana yang lebih murni dan suci?

Para Imam Mazhab selain telah hafal Al-Qur’an pada usia anak-anak, mereka juga menguasai ratusan ribu bahkan jutaan hadits –lengkap dengan sanad matan dan ilmu-ilmu hadits yang menyertainya-.

Mereka juga belajar ilmu-ilmu agama Islam langsung dari ratusan guru dari generasi anak dan cucu dari sahabat Nabi. Dan dari situlah mereka bisa merumuskan Hukum Islam.

Nah kaum akhir zaman ini, Al Qur’an belum tentu hafal. Dengan Tabi’it Tabi’in jelas sudah tidak ketemu lagi. Hadits pun kalau Sahih Bukhari (7000 hadits), Sahih Muslim (9000 hadits) dan kitab-kitab Kutubus Sittah dikumpulkan paling cuma 60.000 hadits. Iya kalau mereka menguasai semua kitab hadits Kutubus Sittah. Dan dari situ mereka mencoba merumuskan Hukum Islam.

Jadi silahkan nilai, mazhab mana yang lebih baik?

 

Share.

Leave A Reply