Allah Adalah Satu-Satunya Tujuan Hidup

0

Satu prinsip dasar bagi seseorang yang akan menempuh perjalanan menuju Allah Swt. adalah meyakini bahwa, Allahu maqsuudul kul (Allah adalah tujuan dari segalanya). Ungkapan, ‘Allah tujuan segalanya’ adalah pondasi utama dalam perjalanan menuju Allah. Ketika kita bertanya, “apa maksud dari semua ini?”, maka para Mursyid (pembimbing jalan menuju Allah) dan Syaikh (guru) akan berkata, “Allah”. Dari jawaban itu, sepintas kita mengetahui maksudnya, namun kita belum memahami secara detail.

Ketika para syaikh menjawab pertanyaan kita, sungguh mereka sedang tenggelam di dalam Allah (baca: dzikir mengingat Allah). Ini adalah suatu kondisi yang dialami oleh syaikh-syaikh besar. Oleh karena itu, mereka sering mengatakan, “Allah maqsudul kul” (Allah adalah tujuan dari segalanya), maksudnya bahwa tujuan yang ingin dicapai oleh para syaikh dan kekasih-kekasih Allah adalah Allah Swt.

Para ulama kemudian menyebut pendidikan dan usaha untuk mencapai Allah dengan istilah ‘jalan’. Jadi seolah-olah Allah berada di akhir perjalanan, dan ‘jalan’ ini berada di posisi antara Tuhan dengan manusia. Mereka menamakannya dengan ‘jalan’ karena mereka berfikir bahwa inilah penyerupaan yang paling mudah untuk menggambarkan tanda-tanda makrifat dan perasaan yang dialami selama proses ini. Lalu ‘jalan’ ini mereka namakan dengan At-Thariq Ila Allah (Jalan Menuju Allah).

Syaikh Ali Jum’ah, At-Thariq ila Allah

Share.

Leave A Reply