Abuya Menggubah Syair di Makam Syekh Maulana Idris Al-Akbar, Setelah Dijumpai Dalam Mimpinya

0

Seperti mengetahui kalau dirinya tidak lama lagi akan segera menghadap Sang Khaliq, Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani pergi berziarah kepada ulama-ulama yang berada di Maroko -baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat-. Kakek-kakeknya adalah tujuan perjalanan ziarahnya pertama kali -Syekh Maulana Idris Al-Akbar, Maulana Idris Al-Ashghar, Syekh Ahmad At-Tijani- setelah itu ke beberapa ulama besar Maroko.

Setelah beberapa hari berada di Maroko, tiba saatnya pulang ke Mekkah. Di tengah perjalanan menuju bandara international Casablanka, dalam mimpinya Abuya dijumpai oleh kakeknya -Syekh Maulana Idris Al-Akbar- seraya menyuruhnya untuk berpamitan terlebih dahulu sebelum meninggalkan Maroko. Padahal makam Syekh Maulana Idris Al-Akbar terletak sangat jauh dari Casablanka, yaitu di kota Pes -sekitar 150 km dari kota Casablanka-.

Abuya segera menyuruh sopir untuk berbalik arah menuju kota Pes. Santri yang pada saat itu ikut mengantar Abuya menuturkan bahwa ketika Abuya di makam Maulana Idris Al-Akbar, beliau mendapatkan ilham untuk menggubah sebuah syair pujian dan tawasul kepada Maulana Idris Al-Akbar sebanyak 30 baik. Alhamdulillah.

Dan Abuya beserta rombongan baru meninggalkan Maroko pada keesokan harinya. Tetapi anehnya, tiket dan pesawat yang mengangkut mereka adalah tiket dan pesawat yang sama -dengan yang direncanakan kemarin-. Subhanallah. La haula wala quwwata illa billah.

Musthofa Husain Al-Jufri, Al-Injaz fii karamati fakhril hijaz

Share.

Leave A Reply